Bersihkan Ponsel Setelah Dibawa ke Toilet dengan Cara Ini

DokterSehat.Com– Karena tak ingin bosan saat melakukan buang air besar, banyak orang yang membawa ponsel saat berada di toilet. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan ini bisa membuat ponsel terpapar berbagai bakteri penyebab penyakit. Padahal, ponsel ini bisa diletakkan di berbagai tempat, termasuk di kasur tidur atau kita sentuh saat sedang makan.

doktersehat-toilet-main-handphone

Dilansir dari Times of India, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa permukaan ponsel memiliki banyak sekali mikroba penyebab penyakit atau bahkan materi yang juga bisa ditemukan pada kotoran manusia! Bahkan, permukaan ponsel disebut-sebut jauh lebih kotor dari dudukan toilet.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita segera membersihkan ponsel setelah keluar dari toilet. Caranya adalah dengan menggosokkan kain halus yang sudah diberi alkohol encer. Untuk membuat alkohol encer, kita hanya perlu mencampurkan air dengan alkohol ispopropil di dalam botol semprot. Setelah dikocok hingga tercampur, kita hanya perlu menyemprotkannya pada permukaan ponsel dan kemudian mengelap ponsel hingga kering dengan kain halus.

Jika di rumah tidak ada alkohol, maka kita juga bisa membuat campuran air dengan cuka untuk disemprotkan pada permukaan ponsel. Berbagai cairan semprotan ini bisa menghilangkan mikroba penyebab penyakit yang menempel pada ponsel kita, khususnya yang baru saja menempel saat ponsel kita bawa ke toilet.

Hanya saja, mengingat kebanyakan orang terlalu malas untuk membersihkan ponselnya setelah keluar dari toilet, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak membawa ponsel saat buang air besar dan tidak sembarangan meletakannya di berbagai tempat. Selain itu, selalu cuci tangan setelah memegang ponsel jika akan mengonsumsi makanan atau memegang wajah agar kita tidak mudah terkena penyakit.