Bersepeda Ke Tempat Kerja Bisa Menurunkan Resiko Meninggal Dini

DokterSehat.Com– Kini banyak orang yang mengadopsi gaya hidup bike to work atau bersepeda untuk menuju tempat kerjanya. Bersepeda menuju tempat kerja tentu saja akan membuat kita mendapatkan manfaat layaknya berolahraga, apalagi jika jarak antara kantor dan rumah cukup jauh. Menurut pakar kesehatan sendiri, kebiasaan positif ini tidak hanya akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar, namun juga mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung atau kanker hingga hampir 50 persen lebih rendah.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa lebih dari 264 ribu orang selama lima tahun. Pada awal penelitian, usia rata-rata dari para partisipan ini adalah 52 tahun. Para partisipan yang rajin bersepeda untuk menuju tempat kerjanya ternyata mampu menurunkan resiko terkena kanker hingga 45 persen dan penyakit kardiovaskular hingga 46 persen. Secara keseluruhan sendiri, mereka yang rajin bersepeda cenderung memiliki resiko 41 persen lebih rendah untuk meninggal di usia muda jika dibandingkan dengan mereka yang menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan sarana transportasi umum.

Meskipun begitu, para pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang menggunakan sarana transportasi umum dan kerap berjalan kaki atau bersepeda sebelum menggunakan kereta atau bus juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan. Sebagai contoh, mereka yang berjalan kaki ternyata bisa menurunkan resiko meninggal dunia karena penyakit kardiovaskular hingga 36 persen lebih rendah. Jika kita rutin berjalan kaki hingga sekitar dua jam dalam sepekan dengan kecepatan rata-rata 3 km per jam, maka resiko untuk terkena penyakit kanker atau kematian dini akibat penyakit kronis juga akan menurun dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai rajin bersepeda atau menggunakan angkutan umum saja saat pergi atau pulang ke tempat kerja agar lebih sehat dan bugar.