Bersepeda Baik Untuk Kesehatan Mental Dan Fisik

DokterSehat.Com – Belakangan ini, semakin banyak masyarakat urban yang menggalakkan kembali kegiatan bersepeda untuk berbagai macam kegiatan. Sebagai contoh, kegiatan mingguan car free day yang sering diadakan di kota-kota yang tentu saja memancing lebih banyak orang untuk bersepeda, bahkan, kini banyak orang yang mulai melirik sepeda sebagai transportasi utama untuk bekerja setiap hari dan berkeliling ke banyak tempat di akhir pekan. Bersepeda dengan menikmati pemandangan memang sangat mengasyikan. Selain asik, bersepeda juga bisa menyehatkan tubuh.

doktersehat-sepeda

Dengan mengayuh sepeda, kita bisa melatih banyak sekali otot-otot pada tubuh untuk terus bergerak dan membakar kalori. Olahraga yang murah ini juga termasuk dalam salah satu latihan kardio yang diyakini mampu menekan resiko terkena serangan jantung dengan sangat signifikan. Banyak pakar kesehatan yang berkata jika bersepeda akan membuat denyut jantung semakin meningkat dan terlatih menjadi lebih kuat. Selain itu, sirkulasi darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga jantung pun menjadi lebih sehat. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika kita rutin bersepeda, maka kita bisa membuat kebugaran pada kardiovaskular meningkat hingga sekitar 3-7 persen.

Bersepeda memang bisa membuat tubuh menjadi lelah, namun, tanpa otot-otot dalam tubuh tentu akan menjadi terlatih dan jika anda melakukannya dengan rutin, otot tubuh anda pun akan semakin mengencang. Bersepeda juga mampu membuat tubuh membakar kalori dengan cukup banyak sehingga banyak timbunan lemak yang pada akhirnya terbakar. Secara spesifik, lemak-lemak pada paha, perut, dan juga kaki akan mudah sekali terbakar jika kita rajin berolahraga seihngga berat badan kita pun bisa menurun dengan signifikan.

Selain kesehatan fisik, bersepeda juga menawarkan kebaikan bagi mental seseorang. Pakar kesehatan berkata jika bersepeda adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan level stress sehingga anda pun akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik. Dengan bersepeda, kita bisa menikmati pemandangan sekitar dan jika kita melakukannya di pagi hari, udara segar yang dihirup bersama dengan kita menikmati bersepeda bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan mental kita pun akan jauh lebih sehat.