Berpuasa Ternyata Sangat Baik Bagi Penderita Masalah Diabetes Mellitus

DokterSehat.Com – Datangnya bulan ramadhan ternyata disambut oleh sangat baik bagi banyak kalangan, khususnya dari dunia kesehatan. Jika banyak masyarakat awam yang menganggap jika puasa bisa membuat lapar dan haus dan berpotensi membuat sakit, pakar kesehatan justru berkata sebaliknya. Puasa bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bagi para penderita diabetes mellitus dan ibu hamil, puasa adalah kabar baik bagi kondisi kesehatan mereka.

doktersehat-mulut-bau

Pakar kesehatan dr. Ign Andhiartha Spd-KEMD dan juga dr Atik Purwitaningrum, SpOG menuturkan jika para penderita diabetes melitus dan juga ibu hamil adalah mereka yang harus melakukan kontrol secara teratur pada praktisi kesehatan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatannya baik atau tidak. Selain itu, kedua kelompok orang ini juga harus melakukan pola makan yang sehat, atau bahkan berpuasa demi kesehatannya. Dengan datangnya bulan ramadhan, otomatis para ibu hamil dan penderita diabetes mellitus akan mampu mengendalikan gula darahnya lebih baik. dr. Andhiarta sendiri menyebutkan jika saat dimana para penderita diabetes berada dalam kondisi yang paling sehat dan terkendali gula darahnya adalah saat bulan puasa.

Hanya saja, penderita diabetes yang ingin berada dalam kondisi paling sehat tentu saja harus mengendalikan gaya hidupnya dengan lebih sehat, rutin melakukan olahraga, hingga rajin melakukan pengecekan gula darah dan mengkonsumsi obat. Asalkan penderita diabetes bukanlah yang memiliki komplikasi berat atau diabetes tipe 1, maka bulan puasa bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengatur pola makan dengan lebih baik dan mengendalikan kadar gula darah serta tekanan darah dengan efektif.

Bagi ibu hamil sendiri yang biasanya membutuhkan asupan 2.200 hingga 2.300 kalori per hari, berpuasa tentu akan menjadi dilema karena takut kandungannya terpengaruh saat merasa lapar atau haus di siang hari. Padahal, selama ibu hamil bisa menjaga asupan tersebut dan tidak mengalami dehidrasi, kandungannya akan cenderung aman-aman saja. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatannya sehingga bisa mendapatkan tips terbaik untuk berpuasa yang akan menyehatkannya.