Berolahraga Setelah Bekerja Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal. Selain karena faktor ingin mendapatkan tampilan fisik yang baik, banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal dengan harapan tubuhnya tetap sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkannya, banyak orang yang rela melakukan diet ketat atau melakukan olahraga rutin. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita ingin menurunkan berat badan dengan cara berolahraga, mungkin ada baiknya kini mulai melakukannya setelah bekerja.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Sebuah penelitian dirilis oleh jurnal Medicine 7 Science in Sports & Exercise dan menemukan fakta unik dimana mereka yang berolahraga setelah bekerja akan cenderung lebih cepat menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan mereka yang memilih istirahat setelah berolahraga. Penelitian ini sendiri melibatkan 38 mahasiswa yang akan melakukan ujian masuk Universitas Pasca Sarjana. Mahasiswa-mahawiswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama beristirahat 15 menit setelah melakukan ujian dan kelompok kedua ssgera berolahraga ringan layaknya berlari di atas treadmill selama 15 menit. Kedua kelompok diperbolehkan mengkonsumsi makanan apapun yang diinginkan. Hasilnya adalah, mereka yang kemudian beristirahat setelah melakukan ujian yang menguras pikiran akan cenderung lebih banyak mengkonsumsi kalori, yakni sekitar 100 kalori jika dibandingkan dengan mereka yang langsung berolahraga.

Menurut pakar kesehatan dari University of Alabama, William Neumeier, dengan berolahraga setelah bekerja, tubuh kita akan memberikan sinyal kepada otak bahwa ada masih banyak sumber daya di dalam tubuh sehingga tidak perlu mengkonsumsi makanan lagi sebagai sumber energi. Sebagaimana pernah diteliti, ada kecenderungan otak tidak mengeluarkan rasa lapar setelah bekerja atau berolahraga. Namun, jika kita kemudian beristirahat, ada kecenderungan otak mendapatkan kita membutuhkan asupan energi sehingga pada akhirnya kita mengkonsumsi makanan lebih banyak yang tentu bisa berimbas pada naiknya berat badan.

Baca Juga:  Mitos Celana Dalam Ketat Menurunkan Kualitas Sperma

Dengan adanya fakta ini, jika kita ingin menjaga asupan makanan kita tidak berlebihan, maka kita pun bisa mulai berolahraga sehabis bekerja jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal.