Bernyanyi dan Menari Ternyata Sangat Baik Bagi Pertumbuhan Anak

DokterSehat.Com – Selain bermain dan berlarian, anak-anak juga cenderung sangat suka untuk bernyanyi dan menari saat mengekspresikan rasa bahagia atau senang. Tahukah anda, sebuah penelitian menyebutkan jika bernyanyi dan menari ternyata akan sangat baik bagi pertumbuhan anak. Tak hanya tentang sisi psikologis anak yang berada dalam kondisi yang baik, adanya interaksi verbal antara orang tua dan anak saat bernyanyi atai menari bersama akan membuat anak terstimulasi tumbuh kembangnya secara maksimal.

doktersehat-anak-menari-menyayi

Pakar kesehatan bernama Andi Airin menyebutkan jika orang tua yang membiasakan anak untuk bernyanyi dan menari akan cenderung mengalami perkembangan yang baik, khususnya bagi kecerdasannya. Bagaimana tidak, secara tidak langsung, anak akan belajar untuk menghafalkan lirik saat bernyanyi atau menghafalkan gerakan tarian. Hal-hal ini akan membuat anak menstimulasi koordinasi pada otaknya menjadi lebih baik. Menurut Andi, bernyanyi dan menari juga akan membuat anak memiliki kepedulian yang lebih baik.

Pakar psikologi anak yang bernama Roslina Verauli, M.Psi, bahkan menambahkan jika anak yang suka bernyanyi dan menari juga akan cenderung lebih baik dalam mengembangkan keseimbangan tubuhnya, koordinasi motor, respon, dan kepekaan tubuh juga akan semakin maksimal. Tak hanya itu, kemampuan berbahasa dan fungsi kognitif otaknya juga akan berkembang dengan pesat. Menurut beliau, gerakan-gerakan pada tarian dan saat mereka bernyanyi akan membuat anak-anak lebih banyak bergerak dan proses sensor motor pada tubuhnya pun menjadi semakin aktif. Hal ini akan membuat tubuhnya memproduksi hormone-hormon yang akan mendukung perkembangan sel otak pada anak menjadi lebih baik.

Hanya saja, kini orang tua juga harus berhati-hati dalam mengawasi nyanyian dan tarian pada anak. Sebisa mungkin nyanyian dan tarian ini memang ditujukan bagi anak-anak yang mendukung program perkembangan anak menjadi maksimal, bukan nyanyian atau tarian yang diperuntukkan bagi orang dewasa.