Bernarkah Proses Persalinan Jongkok Aman Dilakukan?

DokterSehat.Com – Selain persalinan secara normal yang biasanya dilakukan dengan cara terlentang. Kini ada sebuah metode persalinan lain yang cukup ramai dibicarakan, yakni dengan posisi jongkok. Pakar kesehatan menyebutkan jika posisi jongkok ini memang termasuk dalam metode persalinan yang diperbolehkan secara medis sebagaimana metode persalinan lain layaknya melahirkan di bawah air dan lain sebagainya. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah metode persalinan jongkok ini sebenarnya aman dilakukan?

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Pakar kesehatan dr. Khanisyah Gumilar, SpOG yang berasal dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan Universitas Airlangga ini menyebutkan jika hampir semua tenaga medis yang membantu ibu bersalin di Indonesia memilih untuk melakukan proses persalinan litotomi, atau yang kita kenal sebagai posisi dimana ibu terlentang dan membuka kaki. Metode ini dianggap cukup aman dan akan memudahkan bidan atau tenaga medis lainnya dalam membantu proses persalinan agar berjalan dengan lancar dan tidak membahayakan.

Lantas, seperti apakah proses persalinan dengan posisi jongkok? Menurut dr. Gumilar, proses ini termasuk dalam metode persalinan fisiologis dan proses persalinannya juga hampir mirip dengan metode persalinan litotomi. Yang membedakan hanyalah posisi dari ibu yang dalam posisi jongkok, bukan dalam posisi rileks terlentang dengan membuka kaki.

Untuk soal keamanan, semua metode persalinan seharusnya bisa dilakukan dengan aman asalkan tenaga medis yang mendampingi ibu dalam proses persalinan sudah berpengalaman dan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan baik. Kombinasi hal-hal tersebut memang menjadi kunci dari keberhasilan proses persalinan. Ibu hamil sendiri bisa membaca banyak hal tentang berbagai metode persalinan yang bisa dipilih sehingga bisa menentukan metode persalinan apa yang sepertinya aman dan nyaman untuk mereka lakukan. Hanya saja, pastikan bahwa proses persalinan ini didampingi oleh tenaga medis berpengalaman agar proses persalinan bisa dilakukan dengan lancar.