Bernarkah Olahraga Bisa Meningkatkan Kemampuan Seksual Seseorang?

DokterSehat.Com – Olahraga secara rutin memang akan sangat baik dalam membantu tubuh kita tetap bugar dan tidak mudah jatuh sakit. Namun, ada anggapan yang menyebutkan jika olahraga juga bisa meningkatkan kemampuan seksual seseorang. Pakar kesehatan menyebutkan jika anggapan ini ternyata benar adanya. Olahraga diyakini mampu membuat kemampuan seksual seseorang semakin membaik sekaligus mengatasi beberapa masalah kesehatan layaknya disfungsi ereksi. Sebenarnya, apa sajakah kebaikan yang ditawarkan oleh olahraga pada kehidupan seksual kita?

doktersehat-seks-pasangan-hubungan-intim-usia-lanjut

Membuat peredaran darah meningkat
Olahraga dengan teratur akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Bagi pria, peredaran darah yang lancar akan berimbas positif pada ereksi pada penisnya. Pembuluh darah endothelium yang berperan besar dalam mengendalikan ereksi pada penis juga akan semakin membaik fungsinya. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh University of Porto, Portugal dimana kemampuan ereksi seorang pria yang rutin melakukan aerobik lebih tinggi 3,85 poin jika dibandingkan dengan mereka yang malas-malasan dengan tolak ukur International Index of Erectile Function.

Membuat hormon-hormon dalam tubuh semakin seimbang.
Dengan rutin berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorphin yang akan setara dengan seberapa banyak lemak yang dibakar. Hormon endorphin bisa membuat kita menjadi lebih berbahagia dan lebih menikmati hubungan intim. Baik pria atau wanita pun akan lebih merasakan kepuasan dalam kehidupan seksualnya.

Membuat otot-otot tubuh semakin kuat
Rutin berolahraga juga akan membuat otot-otot tubuh, termasuk diantaranya adalah otot pubococcygeus yang berperan besar dalam mengendalikan kontraksi saat orgasme menjadi lebih kuat. Dengan otot yang semakin kuat dan stamina yang semakin membaik, maka hubungan intim bisa dilakukan lebih lama dengan berbagai eksplorasi posisi dan orgasme pun menjadi lebih berkualitas.

Baca Juga:  Alat Kontrasepsi Terbaik, Kontrasepsi Suntikan

Membuat kepercayaan diri meningkat
Berolahraga bisa membuat tubuh semakin bugar sekaligus membuat pikiran menjadi terbebas dari rasa stres yang berlebihan. Hal ini bisa berimbas pada kepercayaan diri yang lebih baik sehingga hubungan intim pun bisa dilaksanakan dengan lebih nyaman dan memuaskan.