Bermasalah Dengan Jerawat Saat Hamil? Lakukan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Masa kehamilan memang bisa memberikan banyak sekali perubahan bagi ibu. Selain bentuk tubuhnya yang semakin membesar, perubahan hormon di dalam tubuhnya juga bisa membuat masalah kesehatan kulit layaknya munculnya banyak jerawat pada wajah. Hal ini tentu bisa menurunkan kepercayaan diri bagi ibu hamil, bukan? Padahal, ibu hamil tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kulit atau bahkan mengkonsumsi obat yang berhubungan dengan perawatan kulit karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi kesehatan janin. Lantas, apa yang bsia dilakukan ibu hamil yang sedang terkena masalah jerawat di wajahnya?

doktersehat-cuci-muka-jerawat-obat-kumur-mouthwash

Tetap rutin membersihkan wajah
Pakar kesehatan menyebutkan jika meningkatnya jumlah hormon tertentu ternyata membuat produksi minyak alami atau sebum pada wajah ikut meningkat dan memicu munculnya jerawat. Beruntung, ibu hamil masih diperbolehkan rutin membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang lembut setidaknya dua kali sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan air hangat untuk membasuh wajah.

Tidak memakai produk perawatan wajah tertentu
Kulit wajah di masa kehamilan bisa jadi memiliki kondisi yang berbeda dari kulit wajah sebelum hamil. Karena alasan ini, ada baiknya ibu hamil tidak boleh sembarangan memilih produk layaknya scrub wajah, masker, dan lain sebagainya yang bisa saja membuat kulit wajah teriritasi dan membuat masalah jerawat lebih buruk. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu akan produk apa saja yang bisa dipergunakan untuk merawat kulit wajah di masa kehamilan.

Tidak memakai make-up sembarangan
Beberapa produk make-up layaknya tabir surya, perawatan rambut, hingga concealer diketahui bisa memicu masalah jerawat saat kehamilan.

Rutin berkeramas
Tahukah anda jika kita rutin berkeramas, maka jerawat akan cenderung sulit untuk muncul. Kebersihan pada kulit kepala ternyata juga ikut mempengaruhi mudahnya jerawat muncul pada wajah kita.

Baca Juga:  Apakah Penggunaan Minyak Atau Body Lotion Aman Bagi Bayi?

Tidak memencet jerawat dan tidak asal memegang wajah dengan tangan
Meskipun jerawat muncul, hindari memencet jerawat karena bisa memicu masalah infeksi yang lebih parah. Selain itu, jangan asal memegang wajah dengan tangan, apalagi jika tangan dalam kondisi yang kotor karena bisa menimbulkan masalah jerawat.