Bermain Video Game Bisa Mempengaruhi Seksualitas Pria

DokterSehat.Com– Cukup banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kebiasaan bermain game, khususnya yang dilakukan secara berlebihan, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Sapienza University of Rome yang ada di italia menyebutkan bahwa bermain video game ternyata justru bisa berdampak positif bagi performa seksualitas pria. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-video-game

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Sexual Medicine ini, setidaknya ada 600 pria dengan usia 16 hingga 50 tahun yang dilibatkan. Hasilnya adalah, bermain video game ternyata bisa mencegah ejakulasi dini, namun juga mampu menurunkan gairah seksual pria. Dari para peserta yang rutin bermain game setidaknya satu jam dalam sehari, ada kecenderungan mereka menurunkan resiko terkena masalah ejakulasi dini dengan signifikan. Sayangnya, video game juga akan menurunkan respon ejakulasi sekaligus gairah untuk berhubungan intim.

Para peneliti menduga bahwa pengaruh ini disebabkan oleh keluarnya hormon dopamine dalam jumlah yang cukup banyak saat bermain game. Sebagai informasi, hormon ini juga keluar saat pria mengalami orgasme sehingga akan memberikan sensasi puas dan bahagia yang luar biasa. Hanya saja, karena hal ini juga masih dalam dugaan, para peneliti pun sedang melakukan pembelajaran lebih lanjut akan hal ini.

Selain berdampak pada seksualitas pria, bermain video game ternyata bisa memberikan efek positif bagi proses kinerja dan fungsi kognitif otak. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Sage, disebutkan bahwa bermain game membuat kita fokus pada target yang bisa saja bergerak dengan cepat dan memaksa kita harus segera mengambil keputusan. Hal ini ternyata bisa membuat fungsi kognitif otak menjadi semakin membaik.

Baca Juga:  Mengapa Ada Orang yang Terkena Serangan Jantung Saat Berhubungan Intim?

Melihat adanya fakta ini, pria memang masih diperbolehkan untuk bermain game, meskipun memang sebaiknya tidak terlalu lama dan terlalu sering demi kesehatannya mengingat tidak bergerak dalam waktu yang lama hanya untuk bermain game juga tidak sehat.