Bermain Kartu Bisa Membantu Pemulihan Mereka Yang Terserang Stroke

DokterSehat.Com – Serangan stroke adalah salah satu hal yang sangat mengerikan dan ditakuti oleh banyak orang. Bagaimana tidak, serangan stroke ini bisa membuat seseorang kehilangan berbagai macam kemampuan tubuhnya atau bahkan kehilangan nyawa. Hal ini tentu membuat pemulihan mereka yang terserang stroke bisa menjadi hal yang sangat melelahkan. Namun, sebuah penelitian di Kanada menunjukkan sebuah titik cerah bagi para penderita stroke yang ingin segera memulihkan diri. Penelitian ini menunjukkan fakta menarik dimana permainan kartu remi akan sangat baik dalam meningkatkan keterampilan motorik bagi para penderita stroke.

doktersehat-brain-otak-alzheimer-kanker

Selain permainan kartu remi, permainan kartu sederhana layaknya kartu snap dianggap cukup efektif untuk membantu pemulihan para penderita stroke. Uniknya, beberapa konsol game layaknya dari Wii juga memberikan efek yang sama. Penelitian yang dilakukan pada 141 penderita stroke yang memiliki gangguan pada gerakan salah satu atau kedua belah lengan ini menunjukkan hasil menarik dimana permainan-permainan ini ternyata bisa memancing gerakan yang berulang-ulang secara intensif dan bisa merangsang rehabilitasi motorik pada tubuh.

Para penderita stroke ini mendapatkan perawatan rehabilitasi stroke dengan normal dan kemudian menghabiskan satu jam untuk bermain kartu remi atau bermain game konsol selama dua minggu berturut-turut dan hasilnya, ada perkembangan keterampilan motorik yang cukup signifikan selama rentang waktu tersebut.

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat, dr. Gustavo Saposnik yang merupakan dokter dari RS St. Michael Toronto mengungkapkan jika memang penelitian ini bisa jadi masih kurang relevan dan membutuhkan berbagai penelitian lebih lanjut, namun, dengan adanya kemajuan dalam penanganan mobilitas, para penderita stroke tentu akan memiliki harapan baru untuk mengembalikan lagi kemampuannya seperti sedia kala.