Bermain di Luar Rumah Mencegah Anak Memakai Kacamata

DokterSehat.Com– Kemajuan teknologi membuat anak masa kini tidak begitu antusias untuk bermain di luar rumah dibandingkan dengan anak zaman dahulu. Bagaimana tidak, anak masa kini cenderung lebih tertarik untuk bermain dengan gadgetnya daripada bermain di luar rumah yang menuntut mereka lebih banyak bergerak. Padahal, ada banyak sekali manfaat dari bermain di luar rumah bagi anak-anak, khususnya kesehatan tubuhnya.

doktersehat-anak-orangtua

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa anak-anak yang kerap berman di luar rumah cenderung lebih baik dalam mencegah datangnya myopic refractive correction, penyakit yang kita kenal sebagai miopia atau rabun jauh, kondisi dimana anak tidak mampu melihat benda dari jarak jauh dengan jelas namun tetap bisa melihat benda dari jarak dekat.

Jika kita mencermati, banyak anak-anak yang di usia awal sekolah dasar yang mengalami masalah rabun jauh ini dan harus memakai kacamata agar bisa melihat dari jarak yang jauh. Hal ini tentu akan menyulitkan mereka saat harus melakukan aktifitas fisik.

Dilansir dari laman Daily Mail, disebutkan bahwa anak yang kerap bermain di luar rumah bisa membuat kesehatan mata mereka semakin terlindungi karena kerap mendapatkan paparan sinar matahari yang menyediakan banyak vitamin D. Hal ini ternyata bisa mencegah terbentuknya kondisi abnormal pada mata. Tak hanya itu, kerap terpapar cahaya alami sinar matahari juga akan semakin menghambat pertumbuhan masalah miopia. Teori lain juga menyebutkan bahwa paparan sinar matahari yang lebih terang jika dibandingkan dengan di dalam rumah bisa menstimulasi hormon dopamin yang ada di dalam retina. Adanya dopamin inilah yang bisa menghambat perkembangan miopia pada mata.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya orang tua memang kerap mengajak anak bermain di luar rumah atau membiarkan anaknya bermain-main bersama dengan temannya saat sore hari atau akhir pekan karena bisa membuat tubuh mereka semakin sehat, bugar, dan menjaga kesehatan matanya.