Bermain Air dengan Anaknya, Pria Ini Kehilangan Jari Tangan

DokterSehat.Com– Pria berusia 59 tahun bernama Philip Pike dari Cambridgeshire, Inggris, tidak menyangka jika aktivitas bermain air dengan anaknya di taman bisa membuatnya kehilangan jari tangan akibat terinfeksi bakteri pemakan daging. Bagaimana ceritanya?

Photo Credit: Cambridge News/ BPM Media

Dilansir dari Metro.co.uk, saat bermain air, tanpa sengaja Philip terpeleset dan jatuh di atas pohon mawar. Duri pada mawar ini kemudian membuatnya mengalami luka kecil. Sayangnya, luka inilah yang menjadi pintu masuk bagi necrotizing fasciitis, bakteri mengerikan yang kemudian memicu infeksi serius pada tubuhnya.

Kondisinya terus menurun hingga mengalami koma selama dua minggu. Setelah terbangun, sebagian jari tangan, pantat, dan jari kakinya telah diamputasi. Ia juga harus berlatih berjalan kembali setelah meninggalkan rumah sakit. Bahkan, berbulan-bulan setelahnya, ada kemungkinan jari tangannya akan ada lagi yang diamputasi.

Pakar kesehatan menyebut bakteri necrotizing fasciitis mampu memicu infeksi pada jaringan di bagian dalam kulit serta otot-otot dan organ lainnya. Awalnya, infeksi ini terlihat seperti luka kecil yang tidak berbahaya. Namun, lama-lama luka ini semakin parah dan memicu keracunan darah dan gagal organ.

Untuk mengatasi infeksi bakteri mengerikan ini, pasien harus mendapatkan perawatan seperti operasi atau pengangkatan jaringan yang terinfeksi. Konsumsi antibiotik juga harus dilakukan secara rutin mengingat separuh kasus infeksi bakteri ini berakhir dengan kematian.

Philip terkena infeksi bakteri ini pada Juli 2017 lalu. Dua hari setelahnya, Ia langsung dilarikan ke rumah sakit karena kesulitan bernapas. Karena kondisinya sangat mengenaskan, istri Philip bahkan sudah bersiap untuk ditinggal oleh suaminya tercinta. Kini, Philip masih dalam fase pemulihan. Ia pun berharap bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Jangan lagi sepelekan luka kecil ya? Dampaknya bisa saja mengerikan seperti yang dialami pria ini.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik