Berlibur ke Pantai Bantu Tingkatkan Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Jika pada hari libur mendatang Anda memutuskan untuk bepergian ke pantai, maka rencana tersebut sebenarnya baik bagi kesehatan. Ya, peneliti mengklaim bahwa mengunjungi pantai atau laut, baik dalam kondisi hujan atau cerah, memberi manfaat positif bagi kesehatan.

11

Menurut penelitian terbaru dari European Centre for Environment and Human Health di Truro, Cornwall, manfaat ini bahkan bisa dirasakan hanya dengan berjalan-jalan santai di pinggir laut. Jika sebelumnya Anda tengah memiliki suasana hati yang buruk atau stres, aktivitas ini juga diyakini dapat membantu mengatasinya.

Penelitian yang dilakukan selama sekitar dua tahun terhadap lebih dari 2.750 peserta menemukan bahwa bersantai di pantai atau pinggir laut sangat baik bagi kesehatan tubuh, secara fisik dan emosional, ketimbang sekadar berjalan-jalan di taman. Meskipun demikian, peneliti tak menampik bahwa berjalan-jalan di lingkungan alam tetap dapat membawa rasa ketenangan dan penyegaran pada tubuh.

Alasan lainnya, beberapa ilmuwan juga yakin bahwa mengapa laut memberikan efek positif terhadap tubuh adalah karena turbulensi yang diciptakan oleh ombak. Turbulensi ini mengubah struktur fisik dari udara dan air, serta melepaskan ion yang bermuatan ke atmosfer.

Ada pula peneliti yang mengatakan lingkungan yang penuh dengan ion bermuatan negatif seperti lautan, bahkan pegunungan bersalju atau di dekat air terjun, dapat meningkatkan mood Anda dengan memicu endorfin dan serotonin.

Lingkungan seperti ini juga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh, seperti dikutip dari New York Daily News, Senin (27/4/2015).

Selain dengan berlibur ke pantai, peneliti menyebutkan efek penyegaran fisik dan emosional tubuh juga bisa didapat dengan cukup istirahat, tidak memaksakan diri untuk terus bekerja, dan berjalan santai. Tak cuma itu, memiliki waktu luang bersama teman-teman untuk sekadar mengobrol juga dapat membantu Anda merasa lebih baik, seperti diungkapkan oleh sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini.