Berlari Satu Jam Bisa Memperpanjang Usia Hingga Tujuh Jam

DokterSehat.Com– Salah satu jenis olahraga yang kini cukup banyak dilakukan oleh banyak orang adalah berlari. Olahraga yang mudah untuk dilakukan dimana saja ini kini bahkan seakan-akan menjadi gaya hidup, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Tak hanya membuat ruang-ruang terbuka selalu penuh di akhir pekan, event-event lomba lari jarak menengah atau jarak jauh juga kini selalu diminati oleh mereka yang melakukan olahraga lari secara rutin.

doktersehat-lari-jogging

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan andai rutin berolahraga lari. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar, berlari juga bisa membuat peredaran darah lebih lancar, membuat jantung menjadi lebih sehat, menurunkan stress, hingga membuat gairah seksual tetap terjaga. Sebuah penelitian terbaru bahkan menyebutkan bahwa berlari ternyata bisa membuat kita panjang umur.

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Iowa State University menghasilkan fakta menarik dimana berlari selama satu jam ternyata bisa membuat usia kita lebih panjang tujuh jam. Hal ini berarti, andai kita rutin berolahraga lari, maka kita bisa memperpanjang usia kita hingga tiga tahun lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang jarang berlari. Manfaat ini bahkan tetap berlaku bagi mereka yang merokok, suka mengkonsumsi minuman beralkohol, atau mengalami masalah berat badan.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa berlari selama satu jam dalam sepekan mampu membuat kita panjang umur, tak peduli seberapa cepat kita berlari, seberapa jauh jarak kita berlari, atau bahkan intensitas berlari, ternyata tidak mempengaruhi manfaat kesehatannya yang bisa membuat usia kita bertambah hingga 40 persen. Sebagai informasi, bersepeda dan berjalan kaki, olahraga lain yang juga disukai oleh masyarakat, ternyata hanya akan meningkatkan usia hingga 12 persen.

Baca Juga:  Amankah Berlari Tanpa Memakai Alas Kaki?

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kini kita mulai rajin berlari agar tubuh tetap bugar dan membuat kita panjang umur.