Berlari Sambil Mendengarkan Musik Ternyata Menambah Resiko Cedera

DokterSehat.Com – Agar tidak merasa bosan saat berlari, banyak orang yang memilih untuk menggunakan headset dan mendengarkan musik. Meskipun terlihat menyenangkan dan bisa membuat kita lebih bersemangat untuk berlari lebih jauh, pakar kesehatan ternyata sangat tidak merekomendasikan mendengarkan musik saat berlari. Alasannya? Hal ini ternyata bisa membuat kita lebih beresiko terkena cedera.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Pakar kesehatan dari University of Florida melakukan sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dampak dari mendengarkan suara keras atau menonton video saat berlari. Sebagaimana diketahui, banyak orang yang berlari di treadmill juga menonton video demi menghindari rasa bosan. 14 pelari berpengalaman diminta untuk berlari namun dengan beberapa skenario tertentu. Para pelari diminta untuk berlari sambil menonton video sambil mendengarkan suara yang keras, kemudian, mereka diminta untuk berlari sambil melihat video saja. Setelah itu, mereka diminta untuk berlari sambil mendengarkan suara saja. Skenario berlari terakhir adalah berlari tanpa dengan gangguan video atau suara apapun.

Hasilnya adalah, para pelari yang berlari di atas treadmill dengan adanya gangguan video atau suara akan cenderung berlari dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang bisa berlari dengan fokus tanpa adanya gangguan. Pernafasan mereka juga cenderung lebih berat dan denyut jantung juga lebih tinggi. Yang agak riskan adalah, karena terdistraksi dengan video atau suara, cara memijakkan kaki juga kurang diperhatikan sehingga mereka lebih beresiko tersandung atau bahkan terjatuh.

Meskipun berlari dengan mendengarkan musik atau menonton video tidak secara langsung menyebabkan cedera. Namun, cara berlari yang kurang aman ini jelas akan meningkatkan resiko cedera dengan signifikan. Daniel Herman, MD, yang merupakan pemimpin penelitian ini, berkata bahwa berlari dengan mendengarkan musik, kita memang bisa menambah semangat sekaligus menghilangkan rasa bosan. Namun, demi mencegah tersandung, terjatuh, atau hal-hal lain yang bisa memicu cedera saat berlari, ada baiknya kita tidak memilih tempat yang ramai dan memilih jalur lari yang aman.