Berlari, Salah Satu Kunci Panjang Umur

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang cukup banyak diminati oleh banyak orang adalah berlari. Bagaimana tidak, berlari sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu menghabiskan banyak biaya. Cukup dengan memakai sepatu olahraga, kita bisa tinggal mulai berlari ke berbagai arah yang kita inginkan. Pakar kesehatan menyebutkan jika berlari bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, penelitian terbaru bahkan menunjukkan jika berlari akan memberikan manfaat besar berupa membuat orang menjadi panjang umur. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-lari-jogging

Duck-Chul Lee, seorang asisten professor yang berasal dari Iowa University, Amerika Serikat, memimpin sebuah penelitian yang sebenarnya ditujukan untuk mencari berbagai manfaat dari olahraga berlari. Ia pun mendapatkan kesimpulan dimana mereka yang rutin berlari ternyata memberikan banyak sekali manfaat dan bisa membuat hidup menjadi lebih panjang.

Lee menyebutkan jika mereka yang rutin berlari akan menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular dengan sangat signifikan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika penyakit kardiovaskular bisa sangat mematikan. Dengan semakin kecilnya resiko terkena penyakit ini, maka tentu kita akan memiliki harapan hidup yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang cenderung malas berlari.

Berlari bahkan sangat direkomendasikan bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Bagaimana tidak, dengan rutin berlari, para lansia akan memiliki tubuh yang jauh lebih sehat, lebih bugar, sekaligus memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Hal ini dikarenakan berlari juga memberikan efek menurunkan stress, apalagi jika kita berlari di luar ruangan dimana banyak pemandangan alam yang bisa dinikmati.

Lee juga menyebutkan jika berlari bisa dengan mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Andai cuaca sedang memburuk, kita bisa memakai treadmill dan tetap mendapatkan manfaat baik dari lari. Sementara itu, andai kita tidak punya waktu di siang hari, kita juga bisa berlari di malam hari dan mendapatkan berbagai manfaat dari olahraga ini.