Berkunjung Ke Pengobatan Tradisional, Lima Warga China Ini Justru Terinfeksi HIV

DokterSehat.Com – Malang nian nasib lima warga dari China ini. Maksud hati ingin menyembuhkan masalah kesehatannya pada sebuah rumah sakit pengobatan tradisional di Provinsi Zhejiang, mereka justru secara tak sengaja terinfeksi HIV. Menurut Dinas Kesehatan Provinsi setempat, telah terjadi kesalahan medis yang sangat fatal yang dilakukan oleh seorang teknisi dimana Ia justru kembali menggunakan tabung yang sebenarnya sempat dipakai oleh pasien positif HIV untuk melakukan uji medis sebelumnya. Investigasi pun langsung dilakukan untuk mengetahui bagaimana hal ini bisa terjadi.

doktersehat-hiv-aids-antibodi-obat

Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana dari Provinsi Zhejiang menyebutkan jika lembaga pengobatan tradisional ini melakukan pelanggaran kesehatan dalam level yang sangat berat. Pusat Pengendalian Penyakit China juga mengkonfirmasi kebenaran akan adanya lima orang yang tak sengaja terinfeksi HIV ini namun tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana kondisi ke lima pasien tersebut sekarang.

Sebenarnya, kejadian luar biasa ini sudah dilaporkan pada pemerintah China pada 26 Januari lalu, namun, Pemerintah baru saja mengumumkan berita ini pada hari Jumat, 10 Februari kemarin. Sayangnya, tidak dijelaskan secara rinci kapan infeksi ini terjadi hingga informasi mendetail tentang para pasien yang malang ini. Bahkan, pihak berwenang cenderung menutup-nutupi informasi tentang insiden ini dan laman website rumah sakit dimana tempat insiden ini terjadi juga sudah ditutup.

Melalui media sosial Weibo, banyak orang yang terkejut dan tidak bisa membayangkan bagaimana kondisi fisik dan mental para pasien yang secara tidak sengaja terinfeksi HIV ini. Selain itu, banyak orang yang juga menyayangkan tertutupnya pemerintah China dan berbagai media akan informasi mengejutkan ini. Sayangnya, laman informasi Kantor Berita resmi pemerintah juga tidak mengaktifkan komentar atau fungsi membagi pada berita yang cukup mengejutkan ini.