Berkumur Pakai Minyak Kelapa Juga Bisa Bantu Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

DokterSehat.Com – Meski terlihat remeh, mulut juga merupakan bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Sebagian besar dari kita pasti pernah menghadapi masalah mulut, mulai dari bau mulut, gigi yang menguning, bahkan gigi yang berlubang.



Walaupun sepele, tak bisa diingkari biaya perbaikannya pun tak sedikit. Kini, ada solusi sederhana yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya, yakni melalui manfaat minyak kelapa.

Dikatan Jessica T. Emery, DMD, pemilik Sugar Fix Dental Loft di Chicago, berkumur dengan minyak termasuk jenis pengobatan tradisional di India atau ayuverdic bahkan sejak 3.000 tahun lalu. Biasanya, minyak yang digunakan yakni minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak biji bunga matahari.

Jika Anda ingin menjajal berkumur dengan minyak, Emery menyarankan untuk menggunakan minyak kelapa yang notabene lebih mudah didapat. Minyak kelapa pun mengandung asam laurat yang dikenal ampuh sebagai anti-mikroba. Untuk permulaan, cobalah berkumur selama lima hingga sepuluh menit. Jika rahang sudah mulai terasa sakit atau pegar, perlambat kecepatan mengumur.

Jangan terlalu keras melakukannya di permulaan. Tidak perlu sampai 20 menit seperti yang dilakukan orang zaman dulu. Jangan lupa saat berkumur pastikan gerakannya bisa menyapu seluruh permukaan gusi dan gigi, misalnya dengan gerakan mendesis, mendorong, dan mengisap, lanjut Emery, dikutip dari Web MD, Senin (25/5/2015).

Patut diingat pula jangan sampai minyak untuk berkumur tertelan. Jika dirasa jumlah minyak yang digunakan terlalu banyak, maka Anda bisa menguranginya. Nah, setelah mencoba berkumur dengan minyak, rutinitas menyikat gigi harus tetap dilakukan karena seperti diungkapkan Emery, berkumur dengan minyak hanya menjadi salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Rutinitas pokok menyikat gigi harus tetap dilakukan. Sebaiknya gunakan minyak kelapa atau minyak bunga matahari karena kedua minyak itu juga bisa mencegah gusi meradang dan mengandung banyak vitamin E yang kaya akan antioksidan, sehingga bisa membantu mergenerasi jaringan gusi, pungkas Emery.