Berkeringat Itu Sangat Menyehatkan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang kurang nyaman jika tubuhnya mengeluarkan keringat. Selain bisa menimbulkan bau yang kurang sedap, keringat juga bisa membuat tubuh terasa sangat lengket dan kurang nyaman. Tahukah anda, berkeringat sendiri adalah sebuah mekanisme alamiah tubuh saat kita merasa lelah, khususnya karena suhu yang panas atau setelah melakukan aktifitas yang cukup intens. Keringat sendiri adalah cara tubuh untuk membuat suhu badan tetap seimbang. Selain mengeluarkan cairan, keringat juga ikut mengeluarkan berbagai kotoran dan racun melalui pori-pori. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berkeringat bisa memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-dehidrasi-keringat

Dengan berkeringat, kita bisa membuat suasana hati kita menjadi lebih baik. Keringat, khususnya yang didapatkan setelah melakukan olahraga ternyata akan membuat tubuh terasa jauh lebih segar sehingga kita pun akan merasa jauh lebih baik. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika olahraga hingga mengeluarkan keringat akan sangat baik bagi pemulihan stress dan mengembalikan fokus untuk melakukan berbagai hal.

Sebagaimana telah disebutkan, berkeringat akan membuat banyak racun pada tubuh akan ikut keluar. Berbagai macam penyakit pun akan bisa dicegah dan kita pun akan akan lebih baik dalam melakukan proses pencernaan. Untuk kesehatan kulit sendiri, dengan banyak mengeluarkan keringat kita bisa mencegah munculnya penyakit kulit layaknya jerawat hingga bisul mengingat pori-pori kulit pun akan cenderung terjaga kebersihannya dari kotoran dan bakteri. Sementara itu, secara umum kekebalan tubuh kita juga akan semakin membaik dengan banyak berkeringat sehingga berbagai infeksi kuman atau bakteri yang menyebabkan penyakit layaknya pilek pun akan tidak mudah muncul.

Dampak yang cukup vital dari berkeringat adalah menurunnya resiko terkena batu ginjal. Tahukah anda, batu ginjal kerap kali terjadi karena semakin menumpuknya kandungan kalsium dan garam yang akhirnya membatu pada ginjal. Dengan banyak mengeluarkan keringat, kadar garam ini akan ikut keluar dari tubuh dan kalsium pun akan jauh lebih baik diserap untuk kesehatan tulang. Melihat adanya fakta-fakta ini, sudahkah anda berkeringat hari ini?