Berjemur Ternyata Bisa Meredakan Stres

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika kehidupan modern yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan membuat semakin banyak orang rentan terkena stress. Bagaimana tidak, selain tekanan dari pekerjaan, polusi, atau bahkan kemacetan bisa membuat seseorang sangat mudah terkena stres. Padahal, andai stres ini tidak bisa dikendalikan, pada akhirnya akan memicu masalah kesehatan yang bahkan bisa berujung depresi yang sangat berbahaya. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress ini?

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Memanjakan tubuh di salon, pergi ke restoran yang menawarkan makanan yang unik, hingga mengambil cuti dan berlibur ke tempat wisata kini menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan stres tersebut. Sayangnya, cara-cara tersebut akan cenderung membuat kita menghabiskan banyak uang yang tentu bisa membuat masalah lain di kemudian hari. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan jika ada cara untuk mengatasi stres tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Cara tersebut adalah dengan berjemur.

Marc Beecher, seorang professor yang berasal dari Brigham Young University, Amerika Serikat, menyebutkan jika berjemur dan menikmati sinar matahari terbit atau matahari terbenam ternyata akan mampu membuat tekanan emosional kita terjaga dengan stabil dan membuat kita menurunkan stres. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorder.

Menurut penelitian ini, cuaca ternyata bisa mempengaruhi psikologis seseorang. Sebagai contoh, andai belakangan kita melihat cuaca hujan dan dingin, maka akan terbentuk pikiran bahwa kita akan mengalami banyak kesulitan dalam melakukan aktivitas. Yang menarik adalah, andai cuaca cenderung cerah dan kita bisa menikmati sinar matahari pagi atau saat sore hari, maka kita akan bisa merasa lebih tenang dan nyaman. Karena alasan inilah, cobalah untuk setidaknya menyempatkan diri untuk berjemur, khususnya dengan menikmati hangatnya sinar matahari diantara dua waktu tersebut agar kita bisa lebih baik dalam mengendalikan stres kita.