Berjemur Sinar Matahari Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

DokterSehat.Com– Meskipun banyak orang yang tahu betapa banyaknya manfaat dari sinar matahari, khususnya yang ada di pagi hari, dalam realitanya kini banyak orang yang menghindari sinar matahari karena tidak ingin kulitnya menjadi gelap atau bahkan belang. Namun, hasil penelitian terbaru justru sangat merekomendasikan kita untuk kerap menikmati sinar matahari pagi. Bagaimana tidak, mereka yang rutin berjemur ternyata cenderung lebih baik dalam mencegah penyakit jantung dan diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Pakar kesehatan dari Cedars-Sinai Medical Center, Amerika Serikat, bernama Stephen Pandol, menyebutkan jika dari hasil penelitiannya, menikmati sinar matahari akan membuat tubuh kita mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Tak hanya bisa sangat baik bagi kesehatan tulang, hal ini ternyata membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit sindrom metabolik. Menurut Pandol, jika sebelumnya penyakit sindrom metabolik disebabkan oleh gaya hidup buruk dan diet tinggi lemak, maka penelitian ini berhasil menemukan fakta baru dimana mereka yang kekurangan asupan vitamin D juga cenderung lebih mudah mengembangkan resiko penyakit sindrom metabolik layaknya diabetes tersebut.

Dengan rutin berjemur, kita ternyata juga akan mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih kuat. Sinar matahari pagi akan menyediakan energi bagi sel T, sel yang berperan besar dalam sistem kekebalan tubuh manusia dan melawan berbagai infeksi. Alhasil, kita pun akan lebih baik dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menikmati sinar matahari pagi sekaligus melakukan aktifitas fisik. Tak hanya akan membuat kita mendapatkan asupan vitamin D bagi tubuh, kita juga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, sirkulasi darah menjadi semakin lancar, dan otot-otot pun menjadi lebih kuat. Jadi, apakah anda masih malas menikmati sinar matahari pagi setelah melihat manfaatnya yang luar biasa ini?