Berjalan Mundur, Olahraga Unik yang Menyehatkan Tubuh Sekaligus Otak

DokterSehat.Com – Pernahkah anda berpikir untuk melakukan olahraga berjalan mundur? Sekilas mungkin olahraga ini terlihat aneh dan tidak biasa. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh sekaligus otak. Sebenarnya, bagaimana olahraga ini bisa menyehatkan tubuh dan otak secara bersamaan?

doktersehat-lari-jogging

Laman kesehatan Live Science menyebutkan bahwa olahraga berjalan mundur ini termasuk dalam aktifitas neurobik, aktifitas yang mampu merangsang pertumbuhan koneksi saraf baru yang ada di dalam otak. Hal ini disebabkan karena dengan berjalan mundur, beberapa indera akan bekerja dengan maksimal. Selain itu, kita membutuhkan konsentrasi penuh untuk melakukannya dan akan memacu semua jaringan pada otak dan seluruh tubuh untuk bekerja dengan maksimal. Karena alasan inilah latihan fisik ini baik bagi kesehatan otak.

Saat berjalan mundur, mata kita memiliki keterbatasan dalam melihat ke arah belakang sehingga membuat berbagai jaringan dan otot pada tubuh lebih waspada saat melakukan hal ini agar tidak mudah tersandung atau menabrak sesuatu. Karena kita tidak bisa mengandalkan mata secara maksimal, otomatis indera pendengaran kita akan lebih aktif. Hanya saja, mata juga akan memaksimalkan penglihatan peripheral atau penglihatan tepi sehingga hal ini akan membuat kita justru lebih fokus dan waspada pada berbagai hal di sekeliling kita. Olahraga berjalan mundur ini juga bisa membuat kita melatih keseimbangan tubuh dengan lebih baik. Olahraga ini membuat kita melatih tubuh agar tidak mudah jatuh, tersandung, sekaligus menjaga jalur tetap lurus.

Berjalan mundur juga memberikan manfaat bagi pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan melakukannya, kita bisa membakar 20 persen lemak lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya berjalan normal seperti biasa. Bagi mereka yang memiliki masalah cedera lutut atau masalah persendian pada engkel hingga pangkal paha, olahraga ini sangat baik untuk membantu proses pemulihannya.

Jadi, apakah anda tertarik untuk melakukan olahraga yang unik ini?