Berjalan Mundur Lebih Banyak Bakar Lemak

Doktersehat.com – Berjalan mundur mungkin hanya dilakukan dalam sebuah permainan saja. Namun kini Anda bisa melakukannya kapan saja karena menurut sebuah studi berjalan mundur dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.



Hasil riset menunjukkan bahwa dalam kecepatan yang sama berjalan mundur dapat membakar kalori 2 kali lebih banyak daripada berjalan maju, mengembalikan keseimbangan, dan membantu proses pemulihan dari cedera umum.

Penelitian terhadap para pelari ini menunjukkan bahwa saat berlari ke depan, bagian belakang kaki akan menghentak tanah  untuk berjalan maju dan saat kaki diangkat dari tanah, beban tubuh bertumpuan ke bola kaki.

Sebaliknya, saat berjalan mundur kaki bagian depan yang menghentak tanah. Oleh karena itu, berjalan mundur lebih banyak membutuhkan energi daripada berjalan maju.

Berjalan mundur juga disarankan bagi orang yang mengalami masalah pada lutut karena beban pada lutut dapat berkurang.

Riset menunjukkan wanita yang berlari mundur selama 15 – 45 menit sebanyak 3 kali seminggu akan kehilangan 2,5 persen berat badannya dalam waktu enam minggu.

Selain itu, penelitian menemukan penderita parkinson juga dapat kembali seimbang setelah berjalan mundur.

Walaupun demikian, berjalan mundur dapat mengakibatkan kelelahan otot. Para peneliti menganjurkan untuk menjadikan berjalan mundur sebagai variasai atau selingan saat berolah raga bukan dijadikan sebagai latihan yang utama.

Sumber: detik.com