Berjalan Kaki Tanpa Alas Kaki Ternyata Sangat Menyehatkan

DokterSehat.Com – Saat berjalan kaki di luar rumah, ada baiknya memang kita memakai alas kaki agar terhindar dari kotoran, benda-benda yang bisa melukai telapak kaki, hingga kuman dan bakteri. Namun, kita bisa melepas alas kaki ini saat melakukan olahraga pagi di atas rumput atau tanah yang bersih. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-tulang-kaki-sendi-lari-jalan

Menstimulasi titik refleksi
Saat kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki, titik-titik refleksi yang ada pada telapak kaki pun akan terstimulasi. Hal ini ternyata bisa memberikan pengaruh positif pada berbagai organ tubuh. Tak hanya saat berjalan di atas rumput, kita juga bisa mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan organ-organ tubuh andai berjalan di atas bebatuan yang sudah ditata sedemikian rupa untuk diinjak saat berolahraga.

Menyehatkan tulang
Berjalan kaki tanpa memakai alas kaki ternyata bisa membuat tulang terjaga kekuatannya. Selain itu, kita juga akan lebih baik dalam mengatasi masalah nyeri sendi. Jika kita melakukannya di pagi hari di bawah paparan sinar matahari, maka kita pun akan mendapatkan asupan vitamin D yang tentu akan membuat kesehatan tulang tetap terjaga.

Menambah tenaga
Pakar kesehatan menyebutkan jika berjalan kaki tanpa alas kaki ternyata bisa memberikan tenaga baru bagi tubuh kita. Dengan berjalan tanpa alas kaki, apalagi di bawah hangatnya sinar matahari, tubuh akan terasa jauh lebih bugar. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki akan menstimulasi saraf dan juga otot-otot sehingga akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga akan lebih siap untuk melakukan berbagai macam akfititas.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berjalan kaki tanpa alas kaki ini, kita bisa berjalan di taman atau halaman rumah yang memiliki tanah yang bersih, rerumputan, atau bahkan batu yang sudah disusun sedemikian rupa untuk pijat refleksi. Pastikan untuk melangkahkan kaki dengan berhati-hati agar tidak mudah terluka.