Berjalan Kaki Bisa Usir Stres

DokterSehat.Com – Terkadang, kalau pikiran kita lagi ruwet dan suntuk pasti ingin melakukan sesuatu yang bikin jadi fresh lagi. Betul tidak? Nah, kalau gitu coba deh untuk berjalan-jalan di luar ruangan. Alasannya, menurut sebuah studi menunjukkan bahwa dengan berjalan-jalan di alam bisa membantu kamu untuk menjernihkan pikiran. Apalagi jika berjalan kaki di lingkungan alam, terutama ruang terbuka hijau.

14

Berikut ini beberapa penjelasan mengapa berjalan kaki bisa mengurangi stress :

  • Menempatkan otak dalam tahap meditasi
    Jalan-jalan santai bisa membuat otak Anda lebih tenang. Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa berjalan di taman atau sekitar lingkungan yang hijau dan penuh pepohonan, dapat menempatkan otak ke dalam keadaan meditasi. Tentunya dengan melakukan ini bisa membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatan, seperti menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.
  • Berjalan di luar ruangan
    Berjalan di luar ruangan diklaim bisa meningkatkan memori dan konsentrasi sebesar 20 persen. Dengan menghabiskan banyak waktu di ruang terbuka juga bisa menghilangkan stres. Tak ada salahnya Anda mencoba berjalan di luar ruangan selama 20-30 menit.
  • Meningkatkan endorfin
    Jalan cepat bisa meningkatkan endorfin, mengurangi depresi dan hormon stres. Lakukan olahraga ini secara teratur agar suasana hati dan kepercayaan diri kembali meningkat.
  • Mengurangi lelah
    Berdasarkan penelitian di tahun 2008, setelah mengikuti program latihan berjalan, akan terjadi peningkatan energi yang signifikan terhadap individu pemilik gaya hidup. Energi mereka meningkat sebesar 20 persen dan rasa lelah juga bisa berkurang hingga 65 persen.
  • Jalan kaki dengan teman manfaatnya lebih besar
    Jika Anda berjalan kaki dengan teman, ternyata manfaatnya lebih besar untuk mengurangi stres. Anda juga bisa melakukannya dengan keluarga mauoun komunitas. Sebab, dukungan dari mereka diketahui bisa meningkatkan ketahanan terhadap stres dan megurunai hormon stres kortisol.