Berjalan Kaki Bisa Mencegah Terkena Diabetes

DokterSehat.Com – Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang, khususnya di Indonesia. Bagaimana tidak, jika seseorang terkena penyakit ini, kehidupan mereka akan berubah total dan mereka tidak akan bisa benar-benar menikmatinya, serta, penyakit ini memiliki resiko kematian yang cukup tinggi. Pakar kesehatan pun berusaha keras agar masyarakat mau melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan melakukan gaya hidup yang sehat, khususnya dalam melakukan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Namun, tahukah anda jika penyakit diabetes sebenarnya bisa dicegah dengan olahraga?

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Diabetologia mengungkapkan jika untuk mencegah munculnya penyakit diabetes, kita sebenarnya bisa bisa melakukan olahraga berjalan kaki secara rutin. Meskipun terlihat sepele, rutin berjalan kaki setiap hari ternyata bisa mencegah resiko diabetes dengan sangat efektif, bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan fitness atau mendatangi pusat kebugaran.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 150 orang yang menderita diabetes. Diketahui jika mereka yang rutin berjalan kaki di pagid dan sore hari akan cenderung lebih sehat dan menurunkan gula darahnya menjadi lebih sehat. Hal ini sangat kontras dengan mereka yang tidak melakukan olahraga layaknya berjalan kaki dimana gula darahnya justru biasanya semakin meningkat dan beresiko menyebabkan diabetes.

Untuk rutin berjalan kaki di pagi maupun sore hari, kita tentu bisa melakukannya saat berangkat atau pulang kerja, bukan? Meskipun akan lebih melelahkan, namun, olahraga ini tentu akan sangat efektif mencegah kita terkena diabetes. Apalagi jika kita mengkombinasikannya dengan pola makan yang sehat yang kaya akan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, biji-bijian, atau bahkan sereal yang rendah lemak yang akan semakin efektif menurunkan resiko terkena diabetes.