Berjalan Kaki Bisa Mencegah Penyakit Alzheimer

DokterSehat.Com – Telah banyak sekali riset yang menunjukkan jika berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan namun memberikan efek kesehatan yang sangat tinggi. Berjalan kaki dengan rutin, meskipun hanya 20 hingga 30 menit perhari ternyata bisa memberikan kesehatan bagi beberapa organ penting tubuh layaknya jantung dan otak. Hanya saja, penemuan terbaru kini menunjukkan jika berjalan kaki juga mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit Alzheimer.



Alzheimer kerap kali dianggap masyarakat awam sebagai penyakit pikun atau mudah lupa. Memang, penderiat alzheimer biasanya adalah mereka yang sudah berusia lanjut dan mengalami masalah dalam mengingat berbagai macam hal. Sebagai contoh, penderita alzheimer bahkan tidak bisa mengenali anggota keluarganya sendiri atau lupa beberapa aktifitas yang seharusnya mudah dilakukan. Yang menjadi masalah adalah, masih belum ada obat yang pasti bagi penderita alzheimer sehingga yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya sedini mungkin. Untungnya, kini ada penemuan yang menunjukkan bahwa kita bisa mencegah penyakit alzheimer ini dengan cara yang mudah.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Cambridge ini menunjukkan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari dan rutin dilakukan tiga kali seminggu akan mampu mencegah penyakit alzheimer di hari tua. Adanya aktifitas fisik yang rutin ternyata bisa membuat aliran darah ke otak menjadi lebih segar dan lebih teratur sehingga otak pun tidak akan mengalami penumpukan plak protein yang menjadi penyebab utama alzheimer. Selain rajin melakukan aktifitas olahraga ringan, kita juga harus mulai menerapkan pola hidup sehat dan menghindari rokok dan juga minuman beralkohol untuk semakin meningkatkan pencegahan pada penyakit ini.

Baca Juga:  Makanan Sehat yang Bikin Diet Gagal

Jika kita mau merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih aktif, kita bahkan bisa menurunkan resiko terkena alzheimer hingga 22 persen. Jumlah ini tentu sangat besar mengingat kita tidak perlu melakukan olahraga yang berat atau khusus. Hanya dengan melakukan olahraga jalan kaki dengan rutin, maka kita pun bisa terbebas dari masalah alzheimer di hari tua nanti.