Berjalan di Alam Terbuka Mempengaruhi Kesehatan Otak

DokterSehat.Com – Masyarakat yang tinggal di area perkotaan kini semakin banyak dan bahkan cenderung jauh meningkat jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat yang tinggal di pedesaan. Padahal, di area kota, kita akan cukup sulit menemukan ruang terbuka hijau yang cukup besar dan bisa dijadikan tempat berjalan-jalan. Meskipun terlihat sepele, alam terbuka yang segar ternyata bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Pakar kesehatan melalui jurnal PNAS bahkan mengungkapkan jika manusia yang sering menikmati alam terbuka dengan berjalan-jalan, maka kesehatan otaknya cenderung akan jauh lebih baik.

doktersehat-olahraga-lari

Berjalan-jalan di alam terbuka hijau ternyata bisa mengurangi kecenderungan orang untuk berpikir negatif sehingga kemungkinan dirinya mengalami stress, cemas berlebihan, hingga depresi pun menurun drastis. Yang menarik adalah, jika dibandingkan dengan berjalan-jalan di area perkotaan yang penuh dengan bangunan dan konstruksi lainnya, manusia justru akan lebih sering berpikir negatif dan mengingat berbagai momen yang mengecewakan dan memalukan dalam hidupnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Gregory Bratman yang berasal dari Stanford University mengungkapkanhal ini. Ia meneliti 19 orang yang sudah mengisi kuesioner tentang kondisi psikologisnya. Kemudian, mereka diminta untuk berjalan kaki di alam terbuka hijau yang sangat segar selama satu setengah jam. Setelah itu, para partisipan ini kemudian diminta untuk berjalan kaki dengan durasi waktu yang sama di area perkotaan dimana mereka melewati gang-gang yang sudah dipenuhi banyak bangunan. Setelah itu, Bratman mulai mengamati aktifitas otak para partisipan dengan scanning.

Dari hasil scanning otak, diketahui bahwa mereka yang rutin berjalan di alam terbuka hijau akan memiliki kesehatan otak yang lebih baik dimana daerah otak yang berpotensi menyebabkan penyakit mental cenderung kurang aktif. Dengan adanya fakta ini, kita tentu memang sebaiknya sering berjalan kaki di alam terbuka hijau demi kesehatan otak yang lebih baik.