Berikut Tips Agar Pekerja Shift Malam Bisa Tetap Sehat

DokterSehat.Com– Tidak semua orang bisa bekerja dengan jam yang normal, yakni dari pagi hingga sore hari. Beberapa orang yang bekerja sebagai petugas keamanan, pekerja pabrik, atau bahkan pengawas transportasi dan profesi lainnya terkadang harus bekerja shift malam. Yang menjadi masalah adalah, bekerja di malam hari kerap kali dianggap mampu memberikan efek buruk bagi kesehatan. Tak hanya membuat kita harus mengubah pola tidur, banyak pekerja shift malam yang mengaku mudah sakit dan kurang fit. Pakar kesehatan sendiri menyarankan pekerja shift malam menjaga kesehatan tubuhnya dengan tips-tips berikut ini



Mencukupi kebutuhan air putih saat bekerja
Agar tetap fit saat bekerja di malam hari, pakar kesehatan menyarankan mereka yang bekerja shift malam untuk memperbanyak asupan air putih. Air putih bisa menjaga fokus dan semangat saat bekerja. Sebaliknya, jika kita tidak mencukupi kebutuhan air putih, bisa jadi kita akan mengalami masalah dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh.

Mencukupi kebutuhan tidur
Bekerja shift malam berarti kita tidak tidur semalaman. Agar tubuh tetap fit meski tidak tidur malam, mau tidak mau kita harus tidur dengan waktu yang cukup saat siang atau sore hari, yakni sekitar 8 jam. Takperlu langsung tidur panjang, kita bisa membagi waktu tidur ini dua kali agar tubuh terasa lebih enakan.

Sebelum bekerja sempatkanlah tidur
Tidurlah sebentar, yakni sekitar 30 menit sebelum berangkat kerja. Meskipun sebentar, kita bisa membuat tubuh lebih segar saat bekerja di malam hari. Selain itu, jika kita tidur lebih lama dari 30 menit, dikhawatirkan kita akan terbangun dalam kondisi pusing atau lelah.

Tetap berolahraga
Meskipun tubuh kurang fit karena tidak tidur malam, ada baiknya kita tetap berolahraga dua atau tiga kali dalam seminggu setidaknya selama 30 menit. Tak perlu olahraga yang berat, berjalan santai atau bersepeda sudah cukup untuk membuat badan tetap sehat.

Baca Juga:  Gaji Kecil Ternyata Bisa Membuat Kita Lebih Beresiko terkena Kematian Dini

Memperbanyak asupan sayur dan buah
Dengan memperbanyak asupan sayur dan buah, kita bisa mendapatkan vitamin dan antioksidan yang bisa membuat tubuh tetap sehat. Jika perlu, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen seperti vitamin C atau ekstrak minyak hati yang bisa membantu sistem kekebalan tetap kuat dalam mencegah berbagai macam penyakit.