Berikut Adalah Tanda-Tanda Menurunnya Hormon Testosteron Pada Pria

DokterSehat.Com – Biasanya, seiring dengan bertambahnya usia, gairah pria untuk melakukan hubungan intim juga semakin menurun. Hal ini dikarenakan hormon testosteron pada tubuhnya juga cenderung ikut menurun atau dalam kondisi yang tidak stabil. Padahal, hormon testosteron adalah salah satu hal yang bisa membuat pria selalu merasa lebih fit, lebih fokus, dan lebih bergairah. Sebenarnya, apa sajakah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa hormon testosteron pada pria sedang mengalami penurunan? Berikut adalah diantaranya.

doktersehat-pria-pinggang-besar-kanker-prostat-Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-diabetes-kutil-kelamin-konsultasi

Disfungsi Ereksi
Penurunan hormon testosteron ternyata akan berpengaruh besar pada fungsi ereksi pada penisnya. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika ada resiko besar pria mengalami disfungsi ereksi jika hal ini terjadi meskipun rasio kemungkinannya masih rendah. Namun, satu hal yang pasti, performa seks pria akan cenderung melorot drastik dengan adanya penurunan kadar testosteron ini.

Mudah Merasa Lelah
Dengan semakin menurunnya hormon testosteron, maka pria pun akan cenderung lebih banyak kehilangan energi dan selalu merasa kurang fit untuk melakukan berbagai aktivitas harian. Untuk mengatasinya, selain dengan mulai menerapkan pola makan yang sehat, pria sebaiknya juga mulai mencukupi waktu istirahatnya sehari-hari.

Mudah Lupa dan Kerontokan Pada Rambut
Penurunan hormon testosteron pada pria ternyata juga akan berpengaruh pada semakin sulitnya berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas dan kecenderungan untuk mudah lupa atau pikun. Tak hanya itu, pria juga bisa mengalami kerontokan rambut pada kepala, hingga bulu kaki dan juga bulu ketiak. Karena alasan inilah banyak pria berusia lanjut terus mengalami kebotakan karena hormone testosteronnya juga cenderung semakin menurun.

Kekuatan Otot Menurun
Semakin sedikitnya hormon testosteron akan ikut membuat massa otot menurun sehingga akan berpengaruh juga pada kekuatannya. Biasanya, hal ini akan sangat terasa jika pria melakukan olahraga dimana hasil olahraganya tidak akan terasa maksimal lagi seperti sebelumnya.