Berikut Adalah Tanda-Tanda Anak Mengalami Gangguan Pada Matanya

DokterSehat.Com – Anak-anak jaman sekarang cenderung lebih banyak yang memakai kacamata jika dibandingkan dengan anak-anak pada jaman dahulu. Selain diakibatkan oleh penggunaan peralatan berteknologi layaknya gadget yang memang bisa merusak kesehatan mata, kebiasaan anak yang membaca dengan tidak sehat juga bisa menyebabkan gangguan pada mata. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari jika anaknya mulai mengalami gangguan pada matanya dan baru diperiksakan ke dokter saat kondisinya sudah parah dan harus memakai kacamata. Berikut adalah beberapa tanda dari anak yang mulai mengalami gangguan pada matanya.

doktersehat-Astigmatisma-mata-silinder-Hipermetropi-Rabun-jauh-Mata-dekat

Suka Menonton TV Dalam Jarak Dekat
Pakar kesehatan menyebutkan jika ada baiknya kita menonton televisi dengan jarak cukup jauh demi kesehatan mata kita. Namun, jika anak hanya mau menonton TV dalam jarak yang dekat karena mengaku jika pada jarak yang jauh tidak bisa menikmati acara TV dengan jelas, bisa jadi Ia mengalami rabun jauh yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter mata terdekat. Selain itu, ada pula kasus dimana anak menutup salah satu matanya saat menonton televisi karena merasa kurang jelas jika memakai kedua matanya. Hal ini juga harus diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Suka Menyipitkan Mata
Perhatikan cara membaca anak, andai anak mulai sering menyipitkan mata saat membaca dan kadangkala membacanya dengan terbata-bata, bisa jadi penglihatannya buram dan mengalami gangguan penglihatan. Tak hanya itu, kadangkala anak akan membaca namun tidak lancar dan ada kalimat atau kata yang terpotong karena Ia tidak mampu membaca garis baca dengan jelas. Ada kemungkian anak yang mengalami hal ini mengalami mata silindris atau gangguan pada otot matanya.

Baca Juga:  Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Suka Mengucek Matanya
Anak yang kerap mengucek matanya bisa jadi mengalami masalah mata lelah atau bahkan konjungtivitis. Cobalah untuk bertanya apa saja yang menyebabkan matanya menjadi mudah lelah. Segera periksakan kondisi ini ke dokter agar bisa diketahui apakah anak mengalami gangguan pada matanya atau tidak.