Berikut Adalah Dampak Buruk Dari Makan Terlalu Kenyang

DokterSehat.Com -Kadang kala kita mencicipi makanan yang terasa sangat enak sehingga kita pun akan menambah porsi makan kita hingga kita merasa kekenyangan. Memang, rasa kenyang ini akan membuat hati terasa puas. Sayangnya, pakar kesehatan berkata jika kita sering melakukan kebiasaan ini, maka kita pun beresiko mendapatkan banyak masalah kesehatan layaknya sebagai berikut.



Makan berlebihan jika dilakukan terlalu sering tentu akan berdampak pada kenaikan berat badan secara signifikan, apalagi jika kita cenderung mengkonsumsi makanan yang enak namun tidak memiliki nilai gizi yang seimbang dan tidak diimbangi dengan rutinitas latihan fisik. Beberapa jenis makanan yang kaya lemak layaknya makanan cepat saji memang terasa enak dan bisa membuat kita terpancing untuk mengkonsumsinya terlalu banyak. Sayangnya, kebiasaan mengkonsumsi makanan berlebihan ini bisa membuat tubuh kita mengalami obesitas yang tentu akan membuat tampilan fisik kita memburuk sekaligus resiko mendapatkan berbagai macam penyakit berbahaya meningkat drastis.

Makanan yang kaya dengan kadar lemak atau kandungan gula jika dikonsumsi terlalu banyak ternyata bisa membuat tubuh kita merasa tidak nyaman. Makanan-makanan yang kurang sehat tersebut akan membuat perut kita penuh dengan gas sehingga akan terasa kembung. Tubuh juga akan cenderung lebih mudah terasa lesu dan cepat lelah jika kita mengkonsumsi makanan-makanan tersebut terlalu banyak. Selain gangguan pada fisik, kenaikan berat badan bisa memicu perubahan penampilan yang pada akhirnya akan memicu penurunan percaya diri dan bahkan depresi. Dalam beberapa kasus, banyak orang yang mengalami penurunan kualitas hubungan intim dengan pasangan karena efek makan yang terlalu berlebihan.

Makan yang berlebihan akan memicu masalah obesitas sehingga resiko terkena penyakit-penyakit berbahaya layaknya stroke, diabetes tipe dua, sleep apnea, hingga kanker pun akan mengintai tubuh kita setiap saat. Melihat banyaknya resiko buruk dari kebiasaan ini, kita harus mampu menjaga pola makan yang sehat. Ingatlah kata-kata orang tua dimana meskipun makanan sangatlah enak, ada baiknya kita menghentikan makan kita sebelum merasa terlalu kenyang sehingga kesehatan kita pun bisa dijaga.