Berhubungan Intim Saat Hamil Harus Dilakukan Dengan Memperhatikan Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Meskipun banyak orang yang khawatir untuk berhubungan intim saat hamil, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini cukup aman untuk dilakukan. Pakar kesehatan khusus kandungan bernama Barb De Pree dari Lakeshore Health Partners yang ada di Michigan, Amerika Serikat, menyebutkan jika ketakutan banyak orang yang menganggap penetrasi penis bisa mencederai janin tidak pernah terbukti secara ilmiah. Hanya saja, ada baiknya memang pasangan yang ingin berhubungan intim saat hamil harus berhati-hati dan memperhatikan hal-hal berikut agar kegiatan ini aman untuk dilakukan.

doktersehat-pasangan-seks

Memakai kondom
Pakar kesehatan menyebutkan jika sperma ternyata memiliki prostaglandin yang bisa memicu kontraksi pada kehamilan. Karena alasan inilah, ada baiknya hubungan intim saat hamil harus dilakukan dengan menggunakan kondom. Yang menarik adalah, anda kehamilan sudah dalam fase menjelang proses persalinan, hubungan intim bisa dilakukan tanpa kondom karena diharapkan sperma bisa memicu kontraksi yang akan membantu kelancaran proses persalinan.

Wanita yang harus aktif
Mengingat kondisi tubuh ibu hamil mengalami perubahan yang cukup signifikan, khususnya pada bagian perut, maka posisi untuk berhubungan intim juga harus diperhatikan agar wanita bisa merasa nyaman sekaligus tidak membahayakan kehamilan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membiarkan wanita yang aktif dan memimpin hubungan intim. Hal ini akan membuat mereka tahu posisi mana yang aman untuk dilakukan saat berhubungan.

Kemungkinan adanya masalah vagina kering
Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak ibu hamil yang mengalami masalah vagina kering, apalagi jika kondisi emosi ibu hamil sedang mengalami masalah. Andai hal ini terjadi, ada baiknya pasangan berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mendapatkan lubrikasi vagina khusus atau tips melakukan hubungan intim yang aman.

Baca Juga:  Jeruk Nipis Membuat Kulit Menjadi Putih dan Halus

Kentut atau bahkan ngompol
Hubungan intim saat hamil ternyata kerap kali diiringi dengan munculnya kentut dari tubuh wanita. Selain itu, mengingat adanya tekanan dari rahim pada kandung kemih, bisa jadi ibu hamil juga akan mudah mengompol saat berhubungan intim.