Berhentilah Minum Kopi Jika Tubuh Sudah Menunjukkan Gejala Ini

DokterSehat.Com– Salah satu minuman yang menjadi favorit sebagian besar orang adalah kopi. Tak hanya aroma dan rasanya yang mantap, kopi juga mampu membuat pikiran lebih segar sehingga kita pun semakin bersemangat untuk beraktifitas. Sayangnya, mengkonsumsi kopi dengan berlebihan juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dibalik banyak manfaat sehat dari minum kopi, kita harus mengingat bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki fungsi seperti obat stimulan yang mampu merangsang sistem saraf pusat yang ada dalam otak. Sebagai informasi, sistem saraf pusat ini memiliki peran besar dalam memberikan perintah bagi berbagai sistem dan fungsi tubuh. Hal ini berarti, konsumsi kafein bisa saja memberikan gejala pada berbagai fungsi tubuh kita.

Salah satu gejala yang bisa dialami andai kita mengkonsumsi kopi dengan berlebihan adalah tangan yang gemetaran. Hal ini disebabkan oleh overdosis kafein pada tubuh. Namun, bagi sebagian orang yang cenderung sensitif pada kafein, meminum kopi sedikit saja sudah bisa menimbulkan gejala tangan gemetaran ini.

Kondisi tangan gemetaran ini disebabkan oleh kafein pada kopi yang merangsang sistem saraf pusat untuk memberikan sinyal pada tubuh agar bekerja dengan lebih keras. Sayangnya, hal ini justru direspons oleh otot tubuh dengan cara berkontraksi atau melakukan gerakan yang tidak terkendali. Meskipun hal ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, namun, ada baiknya kita segera menghentikan asupan kopi untuk sementara hingga gejala ini menghilang. Jika gejala ini tetap muncul hingga berjam-jam lamanya, ada baiknya kita segera berkonsultasi ke dokter.

Untuk mencegah gejala tangan gemetaran ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan kopi maksimal hanya 400 miligram atau sekitar 4 cangkir saja setiap hari. Selain itu, kita juga sebaiknya membatasi asupan minuman yang memiliki kandungan kafein lainnya seperti teh, cokelat, dan minuman bersoda.