Berhenti Merokok Akan Menyebabkan Perubahan Luar Biasa Pada Tubuh Seperti Ini

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Tak hanya kanker, serangan jantung, dan impotensi, kesehatan ibu hamil dan janinnya juga bisa terganggu akibat dari kebiasaan buruk ini. Melihat begitu mengerikannya dampak dari merokok, ada baiknya memang setiap perokok menghentikan kebiasaannya ini.

doktersehat-rokok

Tahukah anda jika saat seseorang berhenti merokok, tubuhnya ternyata mengalami perubahan kondisi kesehatan yang sangat luar biasa. Apa sajakah perubahan tersebut?

Peredaran darah semakin lancar
Tanpa adanya kandungan beracun dari asap rokok, sirkulasi darah yang ada di seluruh tubuh akan menjadi jauh lebih lancar. Hal ini ternyata berimbas pada semakin membaiknya distribusi oksigen dan cairan di seluruh tubuh yang akan membuat badan menjadi terasa lebih bugar.

Jantung menjadi lebih sehat
Salah satu organ yang paling beresiko terkena dampak buruk dari merokok adalah jantung. Dengan berhenti merokok, maka sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan kinerja jantung pun tidak lagi terlalu keras seperti sebelumnya. Hal ini berimbas pada jantung yang lebih sehat, menurunnya resiko terkena penyakit jantung, sekaligus meningkatkan harapan hidup.

Paru-paru menjadi lebih sehat
Selain jantung, paru-paru juga beresiko mengalami kerusakan akibat dari kandungan beracun asap rokok, apalagi paru-paru memang langsung terkena paparan kandungan beracun tersebut. Dengan menghentikan kebiasaan buruk merokok, maka kita pun akan menurunkan resiko terkena penyakit pada paru-paru dan saluran pernafasan. Nafas juga akan menjadi lebih ringan dan lega.

Membuat fungsi otak menjadi lebih baik
Tahukah anda jika kandungan beracun rokok juga mempengaruhi fungsi otak? Telah ada penelitian yang menyebutkan fakta dimana mereka yang merokok cenderung mengalami gangguan fungsi otak layaknya penurunan daya ingat dan meningkatnya resiko terkena Alzheimer. Dengan berhenti merokok, fungsi otak akan semakin membaik dan hal ini juga akan berpengaruh positif bagi suasana hati.