Bergabung Dengan Klub Kebugaran Ternyata Lebih Baik Dibandingkan Dengan Berolahraga Sendiri

DokterSehat.Com – Akhir pekan telah tiba dan banyak orang yang memanfaatkan waktu ini untuk melakukan olahraga demi tubuh yang sehat. Kebanyakan orang akan memilih untuk melakukan olahraga seorang diri karena akan cukup mudah untuk dilakukan dan tidak akan menghabiskan biaya yang mahal layaknya jika harus pergi ke klub kebugaran. Namun, sebuah penelitian terbaru mungkin akan membuat anda berpikir ulang untuk pergi ke klub kebugaran dimana dalam penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang ikut dalam klub kebugaran ternyata cenderung mendapatkan manfaat olahraga yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berolahraga seorang diri.

doktersehat-olahraga-senam

Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di Iowa State University, Amerika Serikat. Dari 405 relawan berbadan sehat yang dilibatkan, diketahui bahwa sebagian diantaranya bergabung dengan klub kebugaran setidaknya selama 30 hari dan sebagian lain sama sekali tidak ikut klub kebugaran apapun dalam 3 bulan terakhir. Para pakar kesehatan menemukan fakta bahwa mereka yang ikut klub kebugaran cenderung berolahraga dengan durasi waktu rata-rata 484 menit setiap pekannya, sangat kontras dengan mereka yang berolahraga sendiri dimana waktu rata-ratanya hanyalah 137 menit setiap pekannya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu untuk olahraga intensitas sedang dan 75 menit untuk olahraga intensitas tinggi. Hal ini berarti, waktu berolahraga yang didapatkan para relawan yang ikut dalam klub olahraga jelas sudah memenuhi rekomendasi tersebut. Para peneliti juga menyebutkan jika mereka yang ikut dalam klub olahraga memiliki level kesehatan tubuh yang lebih baik dimana hal ini ditandai dengan denyut jantung saat istirahat yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih ramping, dan level kardiorespiratori yang lebih baik.

Baca Juga:  Ini Caranya Agar Kita Bisa Rutin Berolahraga

Meskipun begitu, manfaat olahraga ini hanya akan didapatkan oleh mereka yang memang memiliki komitmen kuat untuk berolahraga dengan disiplin. Banyak dari mereka yang berolahraga sendiri justru lebih sehat dari mereka yang ikut dalam klub kebugaran karena memang lebih berkomitmen untuk mendapatkan tubuh yang sehat.