Berenang Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan Otak

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang akan sangat menyenangkan untuk dilakukan adalah berenang. Alih-alih membuat kita kelelahan atau memproduksi begitu banyak keringat, kita justru akan merasakan kesegaran saat melakukan olahraga ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika berenang bisa sangat baik bagi kesehatan otak. Bagaimana tidak, olahraga ini mampu mempengaruhi neurotransmitter yang bisa menentukan suasana hati dan tingkat stres kita. Sebenarnya, apa saja keuntungan bagi otak kita andai kita rutin berenang?

doktersehat-renang-keluarga

Meningkatkan mood
Dengan berenang, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon endorphin, hormon yang berpengaruh besar dalam pengelolaan stres, mood, dan juga kecemasan. Dengan rutin berenang, berbagai ketegangan dan stres dalam otak kita yang bisa berpotensi menjadi depresi bisa dihilangkan. Sebuah penelitian pada tahun 2007 bahkan menyebutkan jika berenang memang mampu memberikan efek anti depresi, menurunkan kesedihan, dan serangan panik. Gerakan mengayunkan tangan dan kaki serta mengendalikan nafas saat berenang ternyata bisa memberikan efek layaknya meditasi bagi tubuh.

Meningkatkan kemampuan kognitif
Gerakan berulang saat berenang ternyata mampu membuat aliran darah menuju otak menjadi semakin lancar dan hal ini akan berpengaruh besar pada meningkatnya kemampuan memori dan lebih fokus saat melakukan berbagai hal. Dengan berenang, berbagai neuron yang yang hilang pada bagian hippocampus otak akan tergantikan dengan yang baru sehingga kemampuan belajar dan memori kita pun akan tetap dalam kondisi yang baik, bahkan hingga usia tua.

Meningkatkan kemampuan motorik dan visual
Gerakan berenang ternyata bisa mendukung perkembangan saraf serabut pada bagian otak yang disebut sebagai corpus callosum, bagian yang mengkomunikasikan kedua bagian otak; otak kiri dan otak Kanan. Andai kedua bagian otak dan keempat bagian lobus otak bisa melakukan koordinasi yang lebih baik, maka kemampuan motorik dan visual seseorang akan meningkat dengan signifikan. Karena alasan inilah anak-anak sangat disarankan untuk berenang karena akan membuat keterampilan motorik dan visualnya layaknya menggambar, mewarnai, memotong kertas, dan lain sebagainya, akan menjadi semakin baik.