Berenang Ternyata Baik Bagi Kesehatan Otak

DokterSehat.Com– Setiap jenis olahraga tentu akan memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, berenang disebut-sebut sebagai salah satu olahraga yang paling baik untuk dilakukan jika kita ingin menghilangkan kalori atau mengatasi stress karena sifatnya yang mirip seperti bermain-main dengan air. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyangka jika berenang ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi otak kita.

doktersehat-renang-olahraga

Dalam sebuah penelitian terbaru, disebutkan bahwa berenang ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah menuju otak dengan signifikan. Fakta ini didapatkan setelah para peneliti menemukan sebuah hal yang menarik dimana sirkulasi darah yang ada pada tubuh yang sedang berendam di dalam air cenderung lebih baik jika dibandingkan dengan saat berada di darat. Jika kita merendam tubuh di dalam air hingga ke area dada, maka sirkulasi darah akan meningkat, khususnya yang menuju ke otak kita.

Tak hanya memperlancar sirkulasi darah, berenang akan membuat tubuh memproduksi hormon endorphin dengan lebih baik. Keberadaan hormon ini ternyata akan meningkatkan neurogenesis hippocampal yang akan mendukung pertumbuhan sekaligus perkembangan sel-sel baru di dalam otak kita.

Mengingat berenang melibatkan beberapa gerakan fisik seperti peregangan, bergerak, sekaligus mengendalikan pernafasan, hal ini ternyata juga bisa membuat stress pada fisik dan pikiran akan bisa diturunkan dengan signifikan. Tak hanya itu, gerakan-gerakan ini juga akan membuat jantung menjadi semakin sehat sekaligus membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal.

Melihat adanya berbagai manfaat ini, ada baiknya memang kita rutin melakukan olahraga air ini jika ingin membuat tubuh dan otak tetap sehat. Dengan otak yang sehat, pikiran akan menjadi lebih segar dan kita pun akan lebih mudah untuk fokus dan mendapatkan berbagai ide untuk memecahkan berbagai macam masalah.