Berenang Setelah Makan Bisa Membuat Tenggelam?

DokterSehat.Com– Ada anggapan yang dipercaya oleh masyarakat dimana ada baiknya kita tidak mandi atau berenang setelah makan karena bisa mengganggu saluran pencernaan. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa berenang setelah makan bisa membuat kram perut yang akhirnya membuat kita bisa tenggelam. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-renang

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mandi adalah aktifitas rutin yang dilakukan setiap hari yang berkaitan dengan bagian luar tubuh. Dengan melakukannya, tubuh akan menjadi lebih bersih dan nyaman. Normalnya, mandi tidak akan memberikan efek samping atau komplikasi pada organ dalam, termasuk organ pencernaan karena memang fungsinya hanya membersihkan bagian kulit dari berbagai kotoran, keringat, atau daki yang menempel.

Untuk mitos yang menyebutkan bahwa makan sebelum berenang bisa berbahaya. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita melakukan berbagai aktifitas fisik setelah makan baik itu seperti berlari atau berenang, maka perut akan menjadi terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang memang memfokuskan aliran darah dan energi pada organ pencernaan setelah kita makan. Padahal, jika kita melakukan olahraga, otot juga membutuhkan aliran darah dan energi yang cukup besar. Untuk isu yang menyebutkan bahwa makan sebelum berenang bisa membuat kram perut, hal ini sebenarnya tidak tepat adanya. Asalkan kita memberikan jeda waktu yang cukup diantara setelah makan dan sebelum berenang, kita tidak akan mudah mengalami kram perut tersebut.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melakukan dua hal ini setelah makan, yakni langsung tidur atau merokok. Jika kita langsung tidur, resiko untuk mengalami kenaikan asam lambung juga meningkat. Sementara itu, jika kita merokok setelah makan, maka berbagai kandungan beracun rokok akan masuk ke dalam tubuh yang tentu akan merusak kesehatan.