Berenang selama hamil bisa mengatasi morning sickness sampai mencegah bayi sungsang

DokterSehat.com – Selama hamil bukan berarti Anda hanya boleh bermalas-malasan di kamar. Untuk menjaga stamina dan vitalitas wanita hamil disarankan tetap melakukan olahraga ringan, seperti berenang.



Berenang merupakan salah satu jenis olahraga low-impact yang tidak memberikan tekanan yang besar pada tubuh, terutama pada sendi lutut, pinggul, dan pergelangan kaki, sehingga aman bagi ibu hamil yang lebih rentan terkilir akibat perubahan bentuk tubuh dan kenaikan berat badan. Selain itu, masih banyak masalah kesehatan yang manfaat kesehatan selama kehamilan, antara lain:

1. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen. Hal ini sangat baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

2. Melatih tubuh agar tidak mudah lelah dan bisa tidur lebih nyenyak.

3. Meningkatkan peredaran darah, kondisi otot, dan meningkatkan ketahanan tubuh serta stamina yang diperlukan selama hamil dan bersalin.

4. Mual dan muntah bisa diatasi juga dengan berenang di pagi hari.

5. Memperbaiki postur tubuh ibu sehingga dapat mencegah bengkak, sakit punggung dan masalah lainnya.

6. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa berenang dapat mencegah bayi sungsang. Jika mendekati persalinan posisi bayi masih sungsang maka soluasi yang dianjurkan adalah menyelam ke dalam air. Namun, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan atau bidan.

Seiring perkembangan janin dalam kandungan maka olahraga renang yang dilakukan pun harus disesuaikan dengan perubahan tubuh yang dialami selama hamil.

Trimester Pertama

Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya berenang dilakukan selama 20 menit tiap 2 hari sekali. Jika olahraga berenang sudah menjadi rutinitas sebelum hamil maka ibu diperbolehkan berenang selama 30 menit tiap hari. Berenang di pagi hari tak hanya mengatasi morning sickness tapi juga meningkatkan energi ibu sepanjang hari.

Baca Juga:  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Trimester Kedua

Usia kehamilan yang terus bertambah membuat perut semakin membesar. Bila baju renang yang lamas udah tidak cukup lagi maka disarankan untuk membeli baju renang yang dirancang khusus untuk ibu hamil.

Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga bentuk tubuh ibu makin berubah sehingga gerakan menjadi terbatas dan lebih mudah kepanasan. Untungnya saat melakukan olahraga ini ibu tidak akan mengalami hal tersebut. Gaya katak merupakan gaya yang paling baik untuk berenang karena bisa melatih otot dada dan otot punggung sehingga ibu tidak mudah mengalami sakit punggung.

Gaya renang lain yang cocok untuk ibu hamil adalah gaya punggung. Pada trimester ketiga, Bunda memang disarankan untuk tidak tidur telentang. Tapi air mengurangi efek gravitasi terhadap tubuh Bunda, sehingga berbaring telentang saat berenang bisa dilakukan tanpa resiko mengganggu peredaran darah Bunda.

Meski terus berada dalam air saat berenang, nmun tubuh juga memerlukan cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah segelas air sebelum berenang, segelas air setiap 20 menit saat berenang, dan segelas air setelah selesai berenang. Jika ibu berenang saat cuaca sedang panas sebaiknya konsumsi lebih banyak cairan lagi.