Berenang, Olahraga Yang Menyenangkan Sekaligus Menyehatkan

DokterSehat.Com – Salah satu olahraga yang sangat disukai oleh masyarakat adalah berenang. Bagaimana tidak, berenang seringkali menjadi antitesis bagi kebanyakan jenis olahraga yang terkesan membosankan, melelahkan, dan membuat tubuh kurang nyaman karena banyaknya keringat yang dikeluarkan. Memang, saat berenang kita akan cenderung merasa lebih senang, rileks, dan nyaman. Apalagi jika berenang dilakukan bersama-sama. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita rutin melakukan olahraga renang yang menyenangkan ini.

doktersehat-renang

Berolahraga di dalam air ternayta sudah dikenal luas sebagai kegiatan yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan tenang. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan jika olahraga renang memiliki efek yang setara jika kita melakukan meditasi. Dengan bergerak di dalam air, otak akan memiliki rangsangan yang bisa membuat lebih rileks dan melupakan berbagai tekanan dari aktifitas rutin harian. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika kita berenang di dalam kolam yang dekat dengan alam layaknya danau, atau bahkan pemandian alami, maka kita pun akan mendapatkan kesehatan fisik dan mental jauh lebih baik. Suasana hati pun akan menjadi lebih baik dan stress pun bisa dihilangkan dengan maksimal.

Berenang sendiri termasuk dalam olahraga yang memiliki resiko cedera yangs angat minimum. Sebagai contoh, olahraga berat layaknya jogging akan beresiko membuat tulang, otot, dan persendian stress atau bahkan terkena cedera. Namun, tidak bagi berenang. Banyak orang tua yang disarankan untuk mencoba olahraga renang yang memiliki gerakan cenderung lembut namun secara efektif menurunkan resiko peradangan sendi. Meskipun terkesan lembut, berenang ternyata bisa membuat daya tahan dan kekuatan tubuh kita menjadi jauh lebih baik. Pakar kesehatan juga menyebutkan jika berenang memiliki pengaruh positif bagi kesehatan tulang.

Baca Juga:  Ladies, Hal-Hal Berikut Ternyata Bisa Memicu Keputihan

Manfaat olahraga berenang lainnya adalah kecenderungan perenang untuk mendapatkan paru-paru yang jauh lebih sehat. sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 menyebutkan jika seseorang rutin berenang, maka Ia pun akan cenderung memiliki paru-paru yang lebih sehat, lebih kebal dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kardiovaskular. Dengan adanya fakta-fakta ini, maka berenang pun bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan sekaligus sangat menyehatkan bagi tubuh.