Berenang, Olahraga Asyik Yang Menyehatkan

DokterSehat.Com – Olahraga kerap kali dianggap sebagai sebuah kegiatan yang sangat sulit dilakukan oleh masyarakat modern. Selain karena waktu telah banyak habis untuk melakukan berbagai macam aktivitas layaknya bekerja atau mengurus rumah tangga, waktu akhir pekanpun lebih sering dilakukan untuk beristirahat dan bersantai. Anda mungkin bisa mengubah pola pikir anda dengan mencoba untuk melakukan olahraga berenang. Berbeda dengan olahraga lain yang cenderung membuat rasa lelah, berenang juga bisa memberikan unsur fun saat kita melakukannya di kolam renang. Berikut adalah beberapa kebaikan yang didapatkan jika kita rutin berenang.

doktersehat-renang

Masyarakat modern yang kerap kali bekerja dengan duduk dalam waktu lama di depan komputer bersiko mengalami sakit punggung. Dengan melakukan olahraga renang, kita ternyata bisa membuat sakit punggung mereda. Selain sakit punggung, beberapa masalah layaknya nyeri kaki atau bahkan osteoporosis juga bisa dibantu dengan berenang. Dengan berenang, kita juga bisa membuat otot-otot menjadi lebih kuat. Otot-otot layaknya otot triseps yang berada di belakang lengan akan menjadi lebih kuat karena dipakai untuk bergerak mengayuh di dalam air. Pakar kesehatan bahkan berkata jika kita rutin berenang setidaknya selama dua bulan, maka otot triseps bisa menguat hingga 23,8 persen.

Tanpa kita sadari, berenang ternyata bisa membuat berat badan kita terjaga. Jika kita berenang selama satu jam saja, maka ada setidaknya 100 hingga 200 kalori yang terbakar. Jika kita melakukan olahraga renang ini secara rutin, maka kita tentu tidak perlu khawatir lagi akan mengalami masalah obesitas. Selain itu, berenang dengan rutin juga diyakini mampu memperkuat jantung. Sirkulasi darahpun akan jauh lebih lancar sehingga resiko terkena penyakit kardiovaskularpun akan jauh menurun. Terdapat sebuah penelitian dimana mereka yang rutin berenang setidaknya selama tiga bulan, maka jumlah darah yang dipompa volumenya akan meningkat hingga 18 persen.

Baca Juga:  Rasa Lelah Tidak Selalu Karena Gejala Penyakit

Berenang akan mengajarkan kita cara melatih keseimbangan dan kelenturan karena bergerak di dalam air tentu harus dilakukan dengan cara yang benar agar kita tidak tenggelam. Meskipun berenang terkesan hanya melakukan gerakan bolak-balik di dalam air, penelitian justru membuktikan bahwa dengan berenang, tingkat stress pun akan jauh menurun sehingga kualitas hidup dan psikologis seseorangpun akan jauh lebih baik. Dengan banyaknya kebaikan yang didapatkan dari berenang, ada baiknya kita menyempatkan waktu seminggu sekali untuk berenang meskipun beberapa jam saja agar tubuh kita tetap sehat sekaligus menjaga pikiran kita dari stres.