Berenang 90 Menit Mampu Membakar Kalori Lebih Banyak Dari Lari 10 Km

DokterSehat.Com – Olahraga adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh selalu sehat dan bugar. Tak hanya itu, rutin berolahraga bisa membuat kita menurunkan atau menjaga berat badan dengan lebih baik. Dengan melakukannya, kita bisa membakar kalori pada tubuh lebih banyak sehingga tubuh pun tidak akan menyimpan lemak yang bisa menambah berat badan atau membuat bentuk tubuh menjadi semakin melar.

doktersehat-renang-olahraga

Demi menjaga berat badan tetap ideal, kita bisa memilih bebaerpa jenis olahraga. Namun, menurut pakar kesehatan di bidang nutrisi bernama dr. Josh Axe, ada baiknya kita mempertimbangkan olahraga berenang andai kita ingin menurunkan berat badan dengan lebih baik.

Mengapa berenang? Dr. Axe menyebutkan bahwa berbeda dengan olahraga lain yang dianggap sebagai olahraga yang melelahkan atau membosankan, berenang cenderung lebih menyenangkan untuk dilakukan karena kita bisa bermain-main dengan air. Tak terasa, kita bahkan bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk melakukan olahraga ini. Padahal, jika kita mampu bertahan hingga 90 menit saja dengan intensitas sedang, kita bisa membakar setidaknya 270 kalori di dalam tubuh kita. Jika kita meningkatkan intensitas berenang, kita bahkan bisa membakar 700 kalori hanya dalam waktu 1 jam. Jumlah kalori yang dibakar oleh olahraga berenang ini ternyata jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kita berlari sejauh 10 km dimana kita hanya akan membakar 100 kalori untuk setiap jarak 1 mil.

Tak hanya mampu membakar kalori lebih banyak, berenang bisa membuat sirkulasi darah, khususnya yang menuju ke otak, menjadi lebih baik. Otak pun akan menjadi lebih sehat dan hal ini bisa berpengaruh besar pada suasana hati yang lebih baik. Selain itu, rutin berenang juga bisa membuat kita terbebas dari masalah nyeri sendi dan sakit punggung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung.