Berdarah Sampai 5 Tetes Pada BAB

Pertanyaan Konsultasi



Salam Dokter
Dokter,saya perempuan belum menikah umur saya 30 tahun. Sudah 3 minggu terakhir ini saya BAB selalu mengeluarkan darah. Tapi darah yang keluar adalah darah segar,dan banyaknya sekitar 4-5 tetes. Saya kalau BAB tidak pernah ada keluhan sakit atau susah BAB,dan saya juga rutin BAB setiap hari. Selama ini juga saya tidak pernah merasakan sakit perut atau sakit saat BAB. Semuanya berjalan normal,hanya selalu disertai darah segar.
Tapi pada saat BAB,setelah kotoran keluar saya merasa ada daging kecil (kira-kira seujung jari) yang keluar,dan pada saat selesai BAB,daging kecil itu masuk lagi kedalam anus saya. Yang mau saya tanyakan,apakah ini penyakit serius dokter? Apakah ini wasir atau kanker usus seprti yang dikatakan teman-teman saya? Mohon jawabannya ya dokter

 

Salam

Ibu Jovsi

Jawaban Konsultasi

Salam Sejahtera,
Perdarahan yang anda Alami diakibatkan karena pembuluh darah yg pecah pada anus,dimana pembuluh darah ini memang mudah pecah akibat gesekan dengan feses yang keras yang mengakibatkan anda meneran. Munculnya daging kecil saat BAB dan masuk kembali setelah selesai menandakan adanya Hemmoroid external (grade II ) atau dikenal dengan istilah wasir. Bila mengganggu karena sering berdarah,sebaiknya dilakukan pembuangan daging tersebut (anda dapat nsultasikan dengan dokter bedah). Karena bila dibiarkan,perdarahan tersebut akan terus terjadi setiap anda BAB dan lama-lama dapat mengganggu kesehatan anda sendiri karena perdarahan kronis dapat menyebabkan anemia.

Salam

dr. Vanny Bernadus

Team DokterSehat.com