Bercak Merah Pada Pipi Bayi Disebabkan Oleh ASI?

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, bayi yang berusia kurang dari enam bulan cenderung kerap mengalami bercak-bercak kemerahan pada pipinya. Banyak orang tua yang menganggap bercak-bercak ini disebabkan oleh ASI yang menetes pada mulut atau pipinya dan tidak segera dibersihkan. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-bayi-tertawa

Pakar kesehatan dr. Mirawati Setyorini, SpKK, FINSDV menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian medis yang bisa memberi tahu apa penyebab dari munculnya bercak-bercak kemerahan pada sekitar mulut bayi ini. Hal ini berarti, kita tidak bisa menyalahkan ASI begitu saja akan adanya hal ini. Hanya saja, ada dugaan bahwa hal ini dipicu oleh gatal-gatal yang bisa saja disebabkan oleh debu, kotoran, atau benda-benda lainnya. Sebagaimana kita ketahui, bayi yang berusia kurang dari enam bulan cenderung memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga bisa dengan mudah mengalami masalah kulit.

Alih-alih mempermasalahkan ASI, dr. Mira justru meminta orang tua untuk lebih berhati-hati dalam mencium buah hatinya atau menggunakan produk perawatan bayi layaknya sabun yang justru bisa menyebabkan bercak-bercak kemerahan tersebut. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bayi dengan baik, termasuk setelah menyusui.

Ada baiknya ibu segera membersihkan sisa ASI yang menempel pada area mulut atau pipinya agar tidak lengket dan menempel sehingga tidak akan memicu masalah kesehatan pada kulitnya.