Berbahayakah Menindik Lidah?

DokterSehat.Com– Karena ingin terlihat keren, banyak orang yang sengaja menindik beberapa bagian badannya. Tak hanya di telinga, tindik juga bisa dilakukan di lidah, hidung, alis, pusar, atau bahkan di puting dan kelamin. Sebenarnya, apakah menindik di tempat-tempat yang tidak biasa tersebut bisa membahayakan kesehatan?

doktersehat-tindik-lidah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University menemukan fakta mengejutkan dimana 20 persen tindakan menindik anggota badan berakhir dengan munculnya infeksi. Tak hanya itu, beberapa masalah kesehatan lain seperti alergi, pendarahan, munculnya jaringan parut, dan gangguan saat menjalani beberapa prosedur medis layaknya ronsen atau USG juga bisa terjadi. Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul jika kita menindik beberapa bagian tubuh kita.

Tindikan pada lidah atau mulut
Menindik lidah atau bagian mulut lainnya bisa memicu kesulitan makan atau berbicara, produksi air liur yang berlebihan, dan masalah kesehatan gigi.

Tindikan pada puting
Banyak kasus tindikan pada puting menyebabkan pendarahan atau bahkan infeksi yang sangat berbahaya.

Tindikan pada pusar
Resiko mendapatkan infeksi karena menindik pusar sangatlah tinggi, apalagi jika bagian pusar mengalami iritasi akibat dari penggunaan pakaian yang ketat.

Tindikan pada kelamin
Tindikan pada kelamin bisa memicu infeksi yang bisa membahayakan kesuburan wanita. Sementara itu, tindikan pada kelamin pria bisa memicu priapism atau rasa sakit yang luar biasa saat ereksi. Pakar kesehatan juga menyebutkan adanya kemungkinan munculnya jaringan parut.

Tindikan pada alis
Menindik alis sangatlah beresiko karena jika posisinya tidak tepat, maka mata bisa saja mengalami kerusakan saraf. Hal ini disebabkan oleh alis yang merupakan tempat dimana 3 saraf supra orbital besar berada.

Jika anda memang sangat ingin menindik bagian tubuh, pastikan untuk melakukannya di tempat tindikan yang sudah berpengalaman dan memperhatikan kebersihan medis dengan baik.