Berbahayakah Melakukan Perjalanan Jauh di Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Perjalanan jauh tentu akan sangat melelahkan bagi siapapun. Meskipun kita menggunakan transportasi dengan level paling mewah di pesawat, kereta api, atau bahkan mobil pribadi, perjalanan jauh bisa menjadi hal yang sangat menyiksa badan dan membuat rasa lelah. Jika orang normal saja bisa mengeluhkan perjalanan jauh, apa jadinya jika ibu hami juga harus melakukan perjalanan jauh? Selain rasa lelah yang melanda, apakah perjalanan jauh juga bisa menambah resiko gangguan kesehatan bagi ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan jika terbatasnya ruang gerak dan kecenderungan jarangnya seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman selama perjalanan jauh tentu akan membahayakan kesehatan kehamilan. Selain itu, rasa letih saat melakukan perjalanan jauh ternyata juga bisa membuat beberapa resiko kehamilan layaknya kelahiran premature atau bahkan pembekuan pada darah. Lantas, apakah ini berarti ibu hamil sebaiknya memang tidak melakukan perjalanan jauh sama sekali meskipun dalam keadaan yang mendesak?

Pakar kesehatan ternyata masih memperbolehkan ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh, asalkan ibu hamil harus memenuhi persyaratan untuk menjaga kesehatannya dan kehamilannya dengan baik. Usia kehamilan 4 minggu hingga 28 minggu biasanya adalah masa palin rentan bagi ibu hamil sehingga akan sangat membahayakan jika dibawa dalam perjalanan jauh. Namun, jika ibu hamil mampu menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan baik, maka kesehatan kehamilan pun bisa terjaga. Jika ibu hamil mengalami dehidrasi, Rahim bisa mengalami kontraksi yang bisa memicu masalah kelahiran prematur. Padahal, beberapa transportasi umum layaknya pesawat terbang cenderung memakai pengendali suhu udara yang bisa membuat kondisi ruangan memiliki kelembaban yang rendah. Cobalah untuk tetap banyak meminum air sehingga tubuh pun tetap terhidrasi dengan baik.

Baca Juga:  Cara Mengobati Menyembuhkan Menghilangkan Jerawat

Ibu hamil juga harus menjaga tubuh agar tidak terkena pembekuan darah selama perjalanan jauh. Jarangnya tubuh bergerak saat perjalanan jauh ternyata bisa membuat pembekuan darah di dalam kaki. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, ibu hamil harus melakukan banyak peregangan atau setidaknya berdiri dan berjalan sebentar jika memakai transportasi umum. Jika perjalanan jauh memakai kendaraan pribadi, ibu hamil bisa berhenti sejenak untuk beristirahat dan melakukan peregangan sekaligus melepas lelah.