Berbahayakah Kebiasaan Makan Sayuran Mentah?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang suka mengkonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan. Sayangnya, meskipun kita sudah berusaha untuk mencucinya hingga bersih, ternyata sayuran mentah ini dikhawatirkan masih menyimpan beberapa bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita. Apa sajakah bakteri-bakteri tersebut?

doktersehat-bayam-sayur

Tanpa kita sadari, sayuran mentah yang kita beli dipegang oleh banyak sekali tangan manusia saat dipanen, didistribusikan, hingga dipilah oleh pihak penjual. Hal ini tentu membuat banyak sekali bakteri yang menempel pada sayuran tersebut. Laman Hello Giggles menyebutkan bahwa sayuran mentah sangat rentan untuk tertempel bakteri berbahaya seperti e.Coli, Salmonela, hingga Listeria yang bisa memicu berbagai macam penyakit.

Khusus untuk bakteri listeria, bakteri ini sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan keracunan makanan. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri ini bertanggung jawab pada kematian 200 orang di seluruh dunia dalam setahun. Hal ini disebabkan oleh kemampuan bakteri ini untuk memasuki aliran darah, memproduksi racun, dan merusak sel-sel tubuh.

Pada awalnya, mereka yang terinfeksi bakteri listeria tidak akan mengalami gajala apapun dan terlihat sehat-sehat saja. Namun, lama kelamaan penderitanya akan merasakan sakit kepala, demam, nyeri otot, tubuh yang kaku, hingga kehilangan kesadaran. Setelahnya, beberapa organ dalamnya terkontaminasi bakteri dan bisa memicu gejala yang lebih parah.

Tak hanya infeksi bakteri, sayuran mentah juga dikhawatirkan masih memiliki pestisida atau bahan kimia pupuk yang menempel. Berbagai bahan kimia ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan kita bukan?

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memastikan untuk mencuci sayuran berkali-kali atau merendamnya dalam cairan garam atau cuka apel agar sayuran mentah ini benar-benar aman untuk kita konsumsi.