Berbahayakah Jika Kotoran BAB Berbau Sangat Menyengat?

doktersehat-toilet-kamar-mandi

DokterSehat.Com– Sangatlah wajar jika kotoran buang air besar memiliki bau yang tidak sedap. Namun, kadangkala kita merasakan bau kotoran jauh lebih menyengat dari biasanya. Jika hal ini terjadi, apakah kita harus mewaspadai adanya masalah kesehatan?

Dilansir dari Express, salah satu penyakit pencernaan yang paling berbahaya, yakni kanker usus, memiliki gejala berupa sakit pada perut, perubahan kebiasaan buang air besar, hingga adanya darah yang muncul pada kotoran. Penderita kanker yang sangat mematikan ini biasanya adalah mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gejala lain yang bisa menandakan masalah kanker usus adalah bau dari kotoran buang air besar. Bau kotoran yang busuk dianggap sebagai tanda bahwa sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Hal ini disebabkan oleh perut yang bekerja dengan keras untuk mengeluarkan berbagai bakteri jahat, serat, sel-sel mati, dan racun yang memiliki bau tidak sedap.

Namun, jika bau kotoran ini sangatlah tidak biasa, apalagi jika diiringi dengan kotoran dengan warna hitam atau kemerahan, bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Ramsay Health Care UK menyebutkan bahwa kotoran yang ideal memiliki bentuk yang mulus layaknya sosis dalam permukaan yang lebih lembut atau terkadang memiliki retakan di permukaannya. Normalnya, kotoran juga mudah untuk dikeluarkan dan mampu tenggelam ke dasar toilet secara perlahan.

Jika memang kita mulai merasakan perubahan pada bentuk atau bau kotoran hingga kebiasaan melakukan buang air besar, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter karena jika hal ini adalah gejala awal dari penyakit serius, kita bisa dengan lebih baik menyembuhkannya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik